Mengenal Beragam Pilihan Tempat Makan Ayam Broiler dan Layer

Ragam Jenis Tempat Makan Ayam Broiler dan Layer

Tempat makan ayam menjadi salah satu alat yang perlu dimiliki oleh peternak ayam. Selain tempat pakan, ada banyak lagi jenis alat-alat untuk peternakan ayam broiler dan layer. Sebut saja tempat minum, kipas exhaust fan, cell deck, pemanas, dan lain sebagainya. Setiap jenis alat pun memiliki tipe yang berbeda-beda, bahkan untuk tempat pakan yang mungkin terdengar sepele.

Agar tidak berceceran dan membuat kandang kotor, maka pakan untuk ayam-ayam ternak Anda harus diletakkan di dalam wadah atau tempat khusus. Untuk usaha ternak ayam terutama skala besar, dibutuhkan tempat pakan yang tidak biasa. Ada banyak jenis tempat pakan yang saat ini beredar di pasaran dan bisa Anda gunakan.

Berikut adalah beberapa pilihan tipe tempat pakan manual yang bisa digunakan untuk ayam ternak Anda:

Baby Chick Feeder

Sesuai dengan namanya, tipe tempat pakan yang satu ini digunakan khusus untuk anak-anak ayam. Biasanya, tempat pakan ini dipakai sampai anak ayam berusia 7 hari. Baby chick feeder juga memiliki tingkat kebersihan yang baik karena pakan ayam terlindungi dari kotoran. Selain itu, pakan ayam dalam wadah ini juga tidak mudah berceceran keluar.

Feeder Chick Tray

baki tempat makan ayam

Feeder chick tray memiliki fungsi yang sama dengan baby chick feeder. Hanya saja jika dibandingkan keduanya, baby chick feeder lebih baik karena lebih higienis. Feeder chick tray memiliki bagian terbuka sehingga kotoran mudah masuk ke dalam pakan.

Hanging Feeder

Tempat pakan ayam berbentuk tabung atau galon yang disebut hanging feeder ini adalah tipe yang paling banyak digunakan. Tempat pakan ini memiliki bagian tabung dan piringan serta ketinggiannya bisa disesuaikan dengan usia ayam-ayam ternak Anda. Tempat pakan galon atau tabung ini tersedia dalam tiga ukuran yaitu 3 kg, 5 kg, dan 7 kg.

Tempat Pakan Otomatis

Sementara itu, ada juga tempat pakan ayam ternak yang otomatis yaitu Pan Feeder System. Tempat pakan ini menjadi pilihan terbaik bagi Anda yang memiliki ternak ayam skala besar. Sesuai dengan namanya tempat pakan ini akan menyajikan makanan untuk ayam Anda secara otomatis sesuai waktu yang sudah ditentukan.

Penggunaan tempat pakan ayam otomatis sangat membantu para peternak ayam. Mereka tidak perlu repot memberikan pakan ayam karena mesin sudah bekerja dengan sendirinya. Bobot ayam juga bisa lebih terkontrol karena pemberian makannya terjadwal dan sesuai dengan takaran yang dibutuhkan ayam.

Karena dijalankan oleh mesin, maka diperlukan biaya yang cukup besar untuk memiliki tempat pakan otomatis ini. Anda juga harus menguras saluran dan wadah secara berkala supaya tidak ada penggumpalan pakan yang berjamur. Pemeriksaan mesin juga perlu dilakukan secara teratur untuk menjaga agar tidak terjadi kerusakan.

Setelah mengetahui apa saja jenis tempat makan ayam yang ada di pasaran, Anda bisa memilih mana yang akan Anda gunakan. Selain itu, pilih juga alat-alat untuk peternakan ayam broiler dan layer lainnya yang sesuai kebutuhan. Silakan lengkapi peternakan ayam Anda dengan tempat minum, pemanas atau brooder, kipas exhaust fan, dan cell deck di sini.