Panen Telur Berkualitas? Ketahui Rahasia Pakannya di Sini!

Panen Telur Berkualitas? Ketahui Rahasia Pakannya di Sini!

Mengenal Pakan Sehat untuk Ayam Berkualitas

Memiliki ayam ternak yang sehat dan tumbuh dengan baik menjadi impian bagi seluruh peternak ayam. Segala upaya akan dilakukan untuk mendukung pertumbuhan dan menjaga kesehatan ayam. Pemberian vaksin, tambahan asupan vitamin dan pemberikan pakan yang sehat menjadi beberapa upaya peternak agar ayam bisa berkualitas. Menjadi peternak ayam petelur tentunya sangat bergantung pada panen telur yang berkualitas. Semakin baik kualitas dan kuantitas telur, maka akan semakin menguntungkan bagi peternak.

Salah satu hal yang memengaruhi kualitas telur ayam ayam adalah pakan yang dikonsumsi oleh ayam petelur. Jenis pakan untuk ayam petelur ada dua, yaitu:

  1. Pakan Ayam Petelur dari Pabrikan

Jenis pakan ayam petelur pabrikan adalah pakan yang sudah diolah dengan komposisi sesuai produksi pabrik. Pakan ayam petelur pabrikan umumnya sudah tersedia dalam bentuk formulasi yang komplit dan tepat untuk fase pertumbuhan ayam petelur. Keunggulan memberikan ayam petelur pakan pabrikan adalah memberikan ketahanan tubuh yang lebih tinggi dan meningkatkan keseragaman agar produktivitas telur ayam bisa unggul. Harga pakan ayam petelur pabrikan sangat bervariasi bergantung pada komposisi, aroma, kemasan dan janga waktu pakan kedaluwarsa. Walaupun harganya bervariasi, harga pakan pabrikan cenderung lebih mahal daripada jenis pakan yang lain.

  1. Pakan Campuran dengan Bahan Alternatif

Kebutuhan nutrisi ayam memang sama, namun takaran nutrisi yang dibutuhkan tiap ayam pasti berbeda-beda. Pemberian pakan campuran dengan bahan alternatif untuk ayam petelur sangat baik untuk pertumbuhan ayam. Nutrisi yang terkandung pada pakan campuran lebih baik dan terjaga keasliannya dibandingkan dengan pakan pabrikan. Pakan campuran biasanya berasal dari hewani dan nabati. Hal ini bertujuan untuk menunjang produktivitas telur agar unggul dari segi kualitas dan kuantitas. Pakan campuran dapat diberikan pada ayam petelur usia dewasa dan dapat diberikan setiap hari sebagai pengganti pakan pabrikan.

Bahan Alternatif untuk Pakan Campuran

Terdapat macam-macam bahan pakan alternatif untuk pakan campuran. Bahan alternatif ini disesuaikan dengan kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan oleh ayam.

  1. Jagung kuning dengan penggunaan yang tidak perlu dibatasi karena jagung kuning tidak mengandung antinutrisi yang membahayakan bagi ayam petelur.
  2. Dedak padi dengan penggunaan yang dibatasi hanya 20% saja. Hal ini karena dedak padi memiliki serat yang kasar dan kandungan asam fitat yang tinggi. Kandung tersebut bisa menggangu penyerapan fosfor yang penting bagi pertumbuhan telur.
  3. Pollard yang berasal dari limbah penggilingan gandum penggunaannya harus dibatasi karena memiliki serat kasar yang cukup tinggi.
  4. Onggok yang berasal dari limbah pembuatan tepung tapioka penggunaannya dibatasi hanya 5% saja karena onggok mengandung asam sianida.
  5. Minyak kelapa sawit penggunaanya dibatasi 5% karena konsumsi minyak kelapa sawit terlalu banyak dapat menyebabkan ketengikan.
  6. Bungkil kedelai dengan penggunaan sebanyak 20-25% karena bungkil kedelai memiliki kandungan tripsin inhibitor yang dapat mengganggu penyerapan asam amino tripsin pada ayam.
  7. Tepung ikan sebagai sumber pakan utama penghasil protein harus diberikan dalam jumlah sekitar 7-10% karena tepung ikan memiliki kadar garam yang tinggi.
  8. Tepung bekicot memiliki kandungan sumber protein yang baik, namun penggunaannya juga dibatasi sekitar 10% saja.

Pemberian bahan alternatif untuk pakan campuran harus tetap bisa memenuhi kebutuhan nutrisi ayam dengan cukup agar telur yang dihasilkan bisa berkualitas. Jika Anda ingin berkonsultasi seputar ternak ayam, UD Inti Mustika akan membantu memberi saran untuk peternakan Anda. Kebutuhan alat, pakan dan obat ternak ayam juga bisa Anda dapatkan dengan mudah di www.alatternakayam.com. Kini, Anda bisa lebih mudah untuk memenuhi kebutuhan ternak dengan adanya toko online UD Inti Mustika di www.bukalapak.com/intimustika dan www.tokopedia.com/alatternakayam.