Bersinergi Memberantas Penyakit Flu Burung

Bersinergi Memberantas Penyakit Flu Burung

Sumber Gambar: poultryindonesia.com

Alatternakayam – Penyakit avian influenza (AI) atau flu burung merupakan penyakit yang bersifat zoonosis, dan Kementerian Pertanian RI telah menetapkan penyakit ini sebagai penyakit hewan strategis. Di Indonesia, pernah terjadi kejadian luar biasa (KLB) flu burung pada kurun waktu 2005-2007 yang menelan korban ribuan ekor unggas di berbagai daerah di Indonesia.

Saat ini penyakit AI di Indonesia sudah bisa dikendalikan, namun masih perlu diwaspadai karena sifat virus ini yang mudah menular dan mudah bermutasi. Hal tersebut disampaikan oleh Guru Besar Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana Bali Prof Gusti Ayu Yuniati Kencana dalam sebuah seminar perunggasan yang diselenggarakan oleh FKH Udayana dan PDHI Bali di Denpasar, Bali pada Sabtu (2/11).

Untuk mencegah penyebaran penyakit flu burung, Yuniati menegaskan perlu adanya tindakan sinergis baik dari pemerintah, para ahli, swasta dan masyarakat. “Mari kita bersinergi memberantas penyakit Flu burung bersama mitra industri produsen vaksin unggas,” tandas Yuniati. PI

Baca Juga: Tips Mengatasi Hama Gurem pada Ayam

Sumber: poultryindonesia.com