Mengenal Jenis Kandang Ayam (Grower, Layer, Breeding, Broiler)

Jenis-Jenis Kandang Ayam yang Wajib Anda Ketahui!

Alat ternak ayam merupakan hal yang wajib diperhatikan bagi Anda yang ingin menggeluti bisnis ternak ayam. Namun, tahukah Anda ada hal penting lain yang harus lebih diperhatikan lagi? Jawabannya adalah cara memilih kandang yang tepat. Pasalnya, apabila salah merancang kandang, dapat berdampak buruk bagi kualitas ternak ayam Anda di masa mendatang.

Maka tidak mengherankan, selain alat ternak ayam yang berkualitas, kandang ayam juga sangat berpengaruh dalam kesuksesan bisnis ternak ayam Anda.

Untuk itu, sebelum memilih jenis kandang yang tepat, sebaiknya Anda mengetahui jenis-jenis kandang ayam yang sesuai dengan kebutuhan ternak ayam.

Inilah jenis-jenis kandang ayam yang wajib Anda ketahui:

  1. Kandang Ayam Grower

Jenis kandang ini biasanya digunakan untuk ayam yang baru menginjak usia antara 4 sampai 13 minggu. Dan jenis kandang yang sesuai untuk kandang ayam grower adalah kandang lantai litter.

Selain itu, kandang ini juga dibuat menggunakan kawat galvanis yang tahan terhadap karat dengan ukuran dimensi kandang 120 cm x 35 cm x 35 cm untuk panjang, lebar, dan tinggi.

  1. Kandang Ayam Layer

Kandang Ayam layer merupakan jenis kandang ayam yang sangat cocok untuk ternak ayam petelur dengan waktu produksi usia 4,5 bulan hingga tidak bisa memproduksi telur. Dan kandang yang tepat untuk jenis ayam layer ini yaitu kandang baterai.

Bahan yang digunakan untuk membuat kandang ini umumnya terbuat dari kawat dan bambu. Bahan kawat digunakan untuk pembuatan kandang dengan rentan waktu yang lama, sedangkan bahan bambu digunakan untuk membuat kandang yang bersifat sementara.

  1. Kandang Ayam Breeding

Kandang ayam yang berfungsi sebagai pengganti indukan ini sering disebut sebagai kandang breeding. Untuk membuat kandang yang bisa menghasilkan ayam yang berkualitas kandang ini harus mempunyai beberapa syarat, diantaranya:

  1. Memiliki ruangan yang cukup luas agar bisa tumbuh secara maksimal
  2. Pastikan kondisi suhu stabil antara 33 sampai 35 derajat.
  3. Pastikan kandang dapat melindungi ayam dari serangan predator
  4. Pastikan adanya sirkulasi udara dalam ruangan untuk memenuhi kadar oksigen ayam.

Selain hal-hal di atas, jangan lupa untuk menyiapkan alas breeder sebanyak 3 lapis dan juga peralatan ternak seperti tempat minum ayam dan tempat makan ayam untuk memenuhi kebutuhan konsumsi ayam breeding.

  1. Kandang Ayam Broiler

Kandang yang cocok untuk ayam broiler ini adalah jenis kandang tertutup atau close house dan kandang ayam panggung.

Sebelum membuat kandang ayam broiler, sebaiknya perhatikan sirkulasi udara dan suhu yang sesuai standar kandang. Pastikan juga kandang tersebut bisa menjaga ayam dari berbagai serangan predator.

Selain itu, pastikan luas kandang juga telah memenuhi persyaratan yaitu 40 sampai 50 cm per ayam. Jadi, jika Anda memelihara 1000 ekor ayam broiler, pastikan luas kandang antara 400 sampai 500 meter persegi.

Anda juga perlu memisahkan kandang antara ayam broiler yang masih harus dipelihara dengan ayam broiler yang sudah layak dijual.

Nah, itulah jenis-jenis kandang ayam yang wajib Anda ketahui, mulai dari kandang ayam grower, kandang ayam layer, kandang ayam breeding, hingga kandang ayam broiler.

Selain mengetahui berbagai jenis kandang, Anda juga bisa mendapatkan informasi seputar alat ternak ayam dan berbagai kebutuhan ternak ayam secara lengkap seperti Egg Tray, dan lainnya dengan mengunjungi situs www.alatternakayam.com.

Selain melalui situs online tersebut, Anda juga bisa mengunjungi Poultry Shop dan distributor peralatan ayam di UD Inti Mustika.