Mengenal Beragam Jenis Pemanas untuk Ayam Broiler dan Layer

Pentingnya Pemanas bagi Peternak Ayam

Alat-alat untuk peternakan ayam broiler dan layer saat ini semakin beragam. Mulai dari tempat makan, tempat minum, cell deck, kipas exhaust fan, dan tak lupa yang akan kita bahas kali ini yaitu pemanas. Memangnya apa pentingnya alat ini untuk bisnis ternak Anda?

Sesuai dengan namanya, alat ini digunakan untuk menghasilkan panas dan menghangatkan anak ayam. Anak ayam belum memiliki bulu lengkap yang bisa membuat tubuhnya menjadi hangat. Alat ini akan menghasilkan panas yang membuat tubuh anak ayam menjadi hangat. Di dunia ternak ayam, alat penghasil panas ini disebut juga dengan istilah brooder.

Jenis-Jenis Brooder

Ada beberapa jenis brooder yang digunakan oleh peternak ayam. Meskipun berbeda jenisnya, namun setiap brooder tetap menghasilkan suhu yang sesuai kebutuhan anak ayam untuk bertumbuh. Perlu diketahui juga bahwa setiap anak ayam membutuhkan suhu yang berbeda sesuai usia mereka.

Anak ayam usia 0-3 hari membutuhkan suhu 32-35°C, anak ayam usia 4-7 hari membutuhkan suhu 29-34°C. Semakin tua usianya maka semakin rendah suhu yang dibutuhkan karena bulunya mulai tumbuh dan mulai bisa menghangatkan tubuhnya sendiri.

Kembali lagi pada jenis-jenis brooder, berikut adalah beberapa jenis brooder yang biasa digunakan oleh peternak ayam:

Heater Central

Heater central adalah salah satu jenis brooder yang biasa digunakan peternak ayam skala besar. Heater central bisa digunakan untuk memanaskan kurang lebih 1000 ekor anak ayam. Suhu yang dihasilkan oleh heater central juga stabil sehingga aman digunakan untuk memanaskan anak-anak ayam.

Suhu yang stabil dan kapasitas yang besar membuat brooder jenis ini banyak dijadikan pilihan oleh peternak ayam. Dengan menggunakan heater central, peternak juga tidak perlu menambah penggunaan brooder jenis lainnya.

Brooder Batubara

Brooder batubara bisa menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang beternak ayam dalam skala besar. Harga alat penghangat dengan bahan bakar batubara ini juga masih tergolong terjangkau. Apalagi ketika harga minyak tanah sedang tinggi, maka brooder jenis ini bisa menjadi pilihan yang tepat.

Penggunaan brooder batubara cukup mudah. Anda bisa menyalakan alat ini di luar kandang dan meletakkannya di dalam kandang setelah asap pertama muncul. Hal ini dilakukan agar asap dari brooder batubara tidak mengganggu kenyamanan anak-anak ayam.

Brooder Minyak Tanah

Brooder minyak tanah juga banyak dijadikan pilihan oleh para peternak ayam. Alat ini tergolong mudah digunakan dan mudah pula diatur suhunya. Namun, perlu diketahui bahwa alat ini rawan mengalami kebocoran dan kebakaran jadi harus digunakan secara hati-hati. 

Brooder Gasolec

gasolec pemanas ayam

Brooder yang satu ini sangat populer di kalangan peternak ayam baik skala kecil maupun skala besar. Brooder ini dianggap praktis dan aman untuk digunakan. Pengaturan suhu juga bisa dilakukan dengan mudah sesuai kebutuhan dan usia anak ayam yang dihangatkan.

Itulah tadi beberapa jenis brooder atau pemanas ayam yang masih banyak digunakan oleh peternak ayam. Setelah menentukan jenis brooder yang akan digunakan, Anda bisa melengkapi alat-alat untuk peternakan ayam broiler dan layer lainnya. Jangan lupa siapkan cell deck, kipas exhaust fan, tempat makan, tempat minum, dan peralatan pendukung lainnya. Untuk mendapatkan barang yang berkualitas, Anda bisa mengunjungi Alatternakayam.com.