Mengenal Ayam Petelur sebagai Referensi Ternak Unggas dengan Keuntungan Berlipat

Mengenal Ayam Petelur sebagai Referensi Ternak Unggas dengan Keuntungan Berlipat

Mengenal Ayam Ras Petelur

Usaha ternak ayam saat ini menjadi usaha yang paling banyak diminati orang karena menjanjikan keuntungan yang cukup besar. Kebutuhan konsumsi masyarakat terhadap daging maupun telur ayam akan terus ada walaupun permintaan bersifat fluktuatif. Telur ayam menjadi makanan sehat yang paling banyak dibutuhkan orang. Selain dibutuhkan untuk konsumsi memenuhi nutrisi, telur ayam juga banyak dimanfaatkan sebagai bahan utama pembuatan kue. Hal ini menjadikan ternak ayam petelur dinilai dapat menghasilkan keuntungan yang sangat tinggi. Ternak ayam ras petelur memiliki karakteristik yang berbeda dengan ayam ras broiler. Sehingga, perawatan dan pemeliharaannya juga berbeda dengan ayam broiler.

Ayam petelur adalah ayam yang secara sengaja dipelihara untuk diproduksi telurnya. Gen khusus dalam tubuh ayam petelur membuatnya lebih mudah untuk menghasilkan telur daripada ayam ras lainnya. Produktivitas ayam dalam bertelur tentunya juga dipengaruhi oleh konsumsi pakan ayam yang sesuai dengan kebutuhan nutrisi ayam. Produksi untuk ayam petelur dapat dilakukan sejak ayam berumur 5 tahun dan dapat menghasilkan telur hingga mencapai umur 1,5 sampai 2 tahun.

Cara Beternak Ayam Petelur

Ada beberapa cara yang harus dilakukan para peternak saat akan memulai beternak ayam petelur, di antaranya:

  1. Memilih Kandang yang Tepat

Kandang sebagai rumah bagi ayam adalah hal pertama yang harus dipersiapkan saat akan mulai beternak ayam. Pilihlah lokasi kandang yang strategis dan jauh dari pemukiman warga agar terhindar dari risiko bau ataupun penyebaran penyakit. Kandang yang umumnya digunakan untuk ternak ayam petelur adalah jenis kandang umparan atau koloni dan jenis kandang baterai. Agar kandang bisa membuat ayam merasa nyaman, pastikan kondisi kandang selalu dalam keadaan bersih.

  1. Memilih Bibit Unggul Ayam Petelur

Keberhasilan dari beternak ayam petelur sangat bergantung pada ketepatan dalam memilih bibit ayam petelur yang unggul. Ada 2 jenis bibit ayam petelur yang dikembangkan di Indonesia, yaitu ayam petelur putih dan petelur coklat. Berat ayam petelur coklat saat dewasa cenderung lebih berat daripada ayam petelur putih saat dewasa. Namun, kandungan nutrisi dari kedua ayam petelur tersebut tetap sama. Pastikan kesehatan bibit ayam dan induk ayam agar bibit ayam bisa dipastikan dapat memiliki pertumbuhan dan produktivitas telur yang baik.

  1. Menentukan Pakan dan Minum Ayam Petelur

Pakan ayam sebaiknya yang memiliki kandungan nutrisi berupa protein, karbohidrat, kalsium, mineral dan vitamin. Beberapa pakan yang bisa diberikan saat perawatan ayam petelur adalah konsentrat, tepung ikan, jagung giling dan dedak. Pemberian pakan yang cukup bisa memengaruhi produktivitas telur. Penumpukan lemak akibat pakan yang berlebihan dapat menurunkan produksi telur pada ayam. Pada masa awal, bibit ayam petelur lebih baik diberikan minum berupa campuran gula dan bisa ditambahkan obat anti stress.

  1. Vaksinasi untuk Kesehatan Ayam Petelur

Tidak semua nutrisi yang dibutuhkan ayam petelur bisa didapatkan dari pakan, sehingga butuh tambahan asupan nutrisi dari konsumsi lain. Vaksinasi diperlukan untuk memberikan tambahan asupan nutrisi dan vitamin pada tubuh ayam. Vaksinasi juga diperlukan sebagai daya tahan tubuh ayam petelur. Lakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala agar lebih mudah mendeteksi ayam yang terserang penyakit.

Keuntungan Beternak Ayam Petelur

Walaupun diternak hanya untuk diproduksi telurnya, ayam petelur mengandung banyak protein hewani pada telur maupun dagingnya. Hal ini menunjukkan bahwa beternak ayam petelur juga bisa menghasilkan keuntungan dari dagingnya pula. Kotoran dari ayam petelur juga bisa dijadikan pupuk untuk menyuburkan tanaman. Konsumsi pakan untuk ayam petelur tidak sebanyak konsumsi ayam broiler, sehingga biaya pemeliharaannya bisa lebih ringan.

Jika Anda mulai tertarik untuk beternak ayam petelur, Anda bisa mendapatkan berbagai kebutuhan ternak ayam di UD Inti Mustika. Sebagai distributor peralatan ayam terlengkap, Anda bisa mendapatkan pakan dan alat ternak dengan mudah di www.alatternakayam.com. Anda juga bisa mengunjungi www.bukalapak.com/intimustika dan www.tokopedia.com/alatternakayam untuk mengetahui lebih jauh informasi produk alat ternak ayam di UD Inti Mustika.