Konstruksi Kandang Baterai yang Baik untuk Ternak Ayam Petelur

Konstruksi Kandang Baterai yang Baik untuk Ternak Ayam Petelur

Mengenal Konstruksi Kandang Baterai

Kandang memiliki fungsi penting pada aktivitas beternak, yaitu sebagai tempat tinggal ayam. Kandang harus didesain dengan baik agar ayam bisa merasa nyaman dan kandang bisa berfungsi dengan baik. Ada beberapa referensi jenis kandang untuk ternak ayam petelur. Namun, jenis kandang baterai menjadi pilihan yang paling tepat untuk ternak ayam petelur. Kandang baterai bisa memudahkan peternak dalam melakukan pemeliharaan pada ayam petelur. Kandang dengan sistem baterai adalah kandang yang didesain seperti sangkar berderet dan memanjang, serta bertingkat. Tiap sangkar biasanya diisi oleh 1 atau 2 ekor ayam petelur dengan ukuran 40 cm × 30 cm dengan tinggi 60 cm atau bisa menyesuaikan dengan tinggi ayam.

Material utama untuk membuat kandang baterai bisa menggunakan bilah bambu, kayu, atau kawat. Biaya yang perlu dikeluarkan untuk membuat kandang baterai sangat bervariasi. Biaya ini bergantung pada seberapa luas area kandang dan bahan yang dipilih untuk membuat kandang. Peraturan Menteri Pertanian Nomor 31 Tahun 2004 telah menjelaskan mengenai ukuran standar kandang bagi ayam petelur, yaitu:

  1. 100-500 ekor memerlukan luas kandang 50 m2
  2. 500-1000 ekor memerlukan luas kandang 100 m2
  3. 1000-1500 ekor memerlukan luas kandang 150 m2
  4. 1500-2000 ekor memerlukan luas kandang 200 m2
  5. 2000-2500 ekor memerlukan luas kandang 250 m2
  6. 2500-3000 ekor memerlukan luas kandang 300 m2

Ukuran kandang bisa disesuaikan dengan luas lahan yang tersedia. Hal utama yang harus diperhatikan adalah mengusahakan agar ayam selalu merasa nyaman berada di dalam kandang.

Desain kandang baterai bisa dibuat berlajur dengan setiap lajurnya yang bisa dibuat bertingkat maksimal empat tingkat. Susunan tingkat kandang semakin ke atas harus semakin ke belakang. Hal ini bertujuan agar kotoran dari kandang atas tidak jatuh ke kandang bawah. Lantai kandang pada sistem baterai dibuat miring ke depan dengan kemiringan 9o. Kemiringan pada lantai kandang bertujuan untuk mempermudah pengambilan telur hasil panen. Hal ini karena setelah telur dikeluarkan oleh ayam, maka telur akan menggelinding ke depan. Atap kandang yang sesuai dengan kandang sistem baterai adalah atap dengan tipe monitor. Atap tipe monitor memiliki dua sisi dan pada bagian puncak terdapat lubang ventilasi. Hal ini bertujuan agar sirkulasi udara dapat berjalan lancar dan cahaya matahari bisa masuk ke dalam kandang dengan kadar yang cukup. Atap kandang bisa dibuat menggunakan material asbes atau genting.

Fasilitas untuk tempat pakan dan minum harus bisa disesuaikan dengan desain kandang baterai yang dibuat. Jika kandang baterai dibuat bertingkat, maka tempat pakan dan minum juga harus bertingkat. Peletakan tempat pakan berada di bawah agar bisa dijangkau oleh ayam. Sedangkan, peletakan tempat minum berada di atas dengan menggunakan bambu, kayu ataupun pipa PVC. Agar ayam bisa merasa nyaman, usahakan agar kandang selalu dalam kondisi bersih dan kering.

Keuntungan dan Kelemahan Menggunakan Kandang Baterai untuk Ayam Petelur  

Membuat kandang baterai memerlukan investasi awal yang relatif tinggi dan penjagaan kebersihan yang ketat. Jika usia ayam belum cukup untuk dimasukkan ke kandang baterai, maka akan mudah terserang kelumpuhan karena kaki ayam masih lemah. Namun, kandang dengan sistem baterai mampu meminimalisir kanibalisme pada ayam dan kontrol pada ayam yang sakit bisa dilakukan dengan lebih mudah. Hal ini bisa mengurangi terjadinya penularan penyakit pada ayam yang sehat. Ventilasi untuk udara dan cahaya matahari yang baik juga meningkatkan produktivitas ayam dalam menghasilkan telur. Hasil panen telur juga bersih dari kotoran dan sisa pakan.

UD Inti Mustika menjadi tempat yang tepat bagia Anda yang ingin memulai usaha ternak ayam. Selain menyediakan alat ternak dan pakan ayam yang lengkap, UD Inti Mustika juga melayani pengiriman ke berbagai daerah di Indonesia. Kunjungi website www.alatternakayam untuk informasi lebih jauh seputar UD Inti Mustika,. Anda juga bisa mengunjungi www.bukalapak.com/intimustika dan www.tokopedia.com/alatternakayam.