Mengenal Konstruksi Kandang Ayam

Mengenal Macam-Macam Konstruksi Kandang Ayam

Bukan rahasia umum lagi, jika alat ternak ayam dan kualitas kandang dapat menentukan kesuksesan bisnis ternak ayam. Sementara, kandang yang berkualitas dapat memberikan kenyamanan hunian bagi ternak ayam.

Dan yang menjadi tolak ukur kenyamanan kandang dapat dilihat dari cara memilih konstruksi kandang ayam yang sesuai dengan kebutuhan ternak ayam itu sendiri.

Untuk itu, sebelum membuat kandang ternak ayam, pastikan Anda mengetahui bagaimana membuat konstruksi dan mengenal macam-macam konstruksi kandang ayam yang sesuai dengan kebutuhan ternak ayam Anda. Apa saja? Berikut ulasannya:

  1. Pilih Lokasi Kandang yang Sesuai

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan sebelum membuat konstruksi kandang adalah memilih lokasi kandang yang tepat.

Selain itu, Anda juga perlu mempertimbangkan beberapa hal, seperti keadaan suhu, kondisi permukaan tanah, sumber air, letak lokasi kandang, perizinan, pemasangan listrik, dan lainnya.

  1. Menentukan Jumlah Populasi Ternak Ayam

Jika Anda telah menemukan lokasi yang tepat untuk ternak ayam Anda, selanjutnya Anda perlu menentukan jumlah populasi ternak ayam secara tepat.

Rumus untuk menentukan luas kandang ayam berdasarkan populasi ternak ayam adalah 6 sampai 8 ekor jenis ayam pedaging per meter persegi atau 12 sampai 14 ekor jenis ayam grower per meter persegi.

Jumlah ternak ayam juga berpengaruh pada jumlah alat ternak ayam yang akan Anda butuhkan. Semakin banyak jumlah ternak, maka semakin banyak pula Anda membutuhkan alat ternak ayam seperti tempat makan, tempat minum, dan lain sebagainya.

  1. Menentukan Konstruksi Kandang yang Tepat

Setelah Anda menentukan lokasi kandang yang sesuai dan luas kandang berdasarkan populasi ayam, Anda bisa menentukan konstruksi kandang secara tepat. Berikut ini beberapa tipe kandang berdasarkan bagaimana konstruksi bangunannya:

  • Tipe Konstruksi Atap

Secara umum konstruksi atap kandang ayam ini terbagi menjadi lima tipe yaitu tipe jongkok, tipe monitor, tipe semi monitor, tipe A, dan tipe gabungan A dan jongkok.

Bagi Anda yang menginginkan ternak ayam petelur atau pedaging, sebaiknya gunakan jenis konstruksi atap tipe monitor karena lebih modern.

  • Tipe Konstruksi Dinding

Setelah menentukan bagaimana konstruksi atap yang sesuai, selanjutnya Anda bisa menentukan bagaimana konstruksi dindingnya.

Berdasarkan bentuk konstruksi dinding, ada tiga jenis konstruksi dinding yang bisa Anda pilih yaitu:

  1. Konstruksi Dinding Kandang tertutup

Konstruksi dinding kandang tertutup umumnya terbuat dari bahan yang tahan lama dan modern yang harganya lumayan mahal.

  1. Konstruksi Dinding Kandang Terbuka

Konstruksi dinding kandang terbuka mempunyai bentuk dinding terbuka dan biasanya terbuat dari bahan utama bambu maupun kayu.

  1. Konstruksi Dinding Kandang Semi Tertutup.

Untuk konstruksi dinding semi tertutup pada dasarnya hampir sama dengan kandang tertutup, hanya saja bagian dindingnya ini dilengkapi tirai yang kapan saja bisa dibuka.

  • Tipe Konstruksi Lantai

Ada 3 tipe konstruksi lantai untuk kandang ayam ternak yaitu:

  1. Kandang postal
  2. Kandang yang mempunyai lantai yang renggang
  3. Kandang baterai, kandang yang berbentuk sangkar.
  4. Kandang anyaman terbuat dari ram kawat.
  5. Kandang panggung.
  6. Kandang lantai perpaduan antara panggung dan postal.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui seputar konstruksi kandang ayam, sebelum Anda membuat konstruksi kandang ayam yang tepat untuk ternak ayam Anda.

Jadi, apakah Anda sudah mengetahui kira-kira jenis konstruksi kandang apa yang sesuai untuk ternak ayam Anda? Jika sudah, Anda bisa mendapatkan peralatan konstruksi dan beberapa peralatan ternak seperti tempat makan ayam, tempat minum ayam, hingga Egg Tray di Poultry Shop dan distributor peralatan ayam di UD Inti Mustika.

Selain itu, Anda juga bisa kunjungi situs www.alatternakayam.com untuk mendapatkan informasi menarik seputar alat ternak ayam.