Konstruksi Kandang Terbaik untuk Ayam Breeder

Konstruksi Kandang Ayam Breeder dengan Sistem Nest Box Komunal

Nest box komunal dapat digunakan pada kandang ayam breeder dengan kapasitas yang menyesuaikan ukuran tubuh ayam. Penggunaan nest box komunal juga harus memperhatikan kondisi konstruksi kandang dibuat. Berikut adalah beberapa kondisi untuk pengaturan nest box komunal pada kandang ayam breeder:

  1. Kandang dibangun dengan rasio 60% luas lantai dan 40% luas slat. Ukuran kandang dapat disesuaikan dengan beberapa ukuran berikut;
  2. Kandang memiliki ukuran lebar 12 m, lebar slat sekitar 2 m dari depan nest box di kedua sisinya.
  3. Kandang memiliki ukuran lebar 13 atau 14 m, lebar slat sekitar 2,5 m dari depan nest box di kedua sisinya.
  4. Terapkan kemiringan slat sebesar 7 derajat dengan slat kayu dan sebesar 8 derajat dengan slat plastik. Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam mengatur kemiringan ini adalah;
  5. Salah satu jalur feeder ayam betina harus berada pada slat.
  6. Jika lebar slat 2 m, maka tempatkan jalur air di depan nest box, lalu pasang satu jalur pakan betina lebih jauh dari slat. Jarak minimal dari step-up slat ke feeder pertama adalah 50 cm.
  7. Jika lebar slat 2,5 m, maka dapat memungkinkan untuk memiliki dua jalur pakan betina di atas slat (satu lingkaran penuh). Hal ini juga harus disesuaikan dengan lebar kandang yang berukuran 14 hingga 15 m.
  8. Hindari membuat jalur air di area litter. Jarak yang direkomendasikan dari nest box ke jalur air adalah 60-70 cm, sedangkan jalur air ke feeder berjarak 60-70 cm.
  9. Tempatkan lampu di luar daerah daerah slat atau di atas area litter, sehingga tidak menghasilkan bayangan slat di area litter. Berikut beberapa rekomendasi untuk peletakan lampu:
  10. Area litter harus memiliki intensitas pencahayaan yang cukup, yaitu antara 50 hingga 100 lux dengan distribusi pencahayaan yang seragam.
  11. Penempatan lampu harus diatur, sehingga intensitas cahaya di belakang nest box sekitar 2 hingga 4 lux.
  12. Tidak disarankan untuk menggunakan lampu tambahan di dalam atau langsung di atas nest box.
  13. Pada iklim tropis, sistem pendingin kandang sangat diperlukan untuk menghindari suhu yang terlalu tinggi di dalm nest box. Hal ini bertujuan agar ayam tidak menempatkan telur di luar sistem nest box.

Memilih Nest Box yang Tepat

Setiap unit nest box memiliki empat lubang masuk dengan 2 lubang di setiap sisinya. Pilihlah sistem nest box yang memberikan persentase slat egg terendah. Gunakan nest box yang lebih besar. Terdapat dua jenis nest box dalam penggunaan secara umum, yaitu nest box kedalaman 40-41 cm dan nest box kedalaman 45-46 cm. Nest box kedalaman 45-46 cm dengan 4 lubang dapat digunakan kurang lebih 200 ekor ayam per unit nest box, atau 50 ekor di setiap lubangnya. Pemilihan ukuran nest box harus disesuaikan dengan kepadatan ayam ternak Anda dan sistem pakan yang Anda terapkan.

Konsultasi seputar masalah peternakan kini lebih mudah dengan adanya UD Inti Mustika. Kami akan merekomendasikan solusi terbaik untuk setiap masalah ternak Anda. Berbagai alat kebutuhan ternak mulai dari kandang hingga pakan dapat dengan mudah Anda dapatkan di www.alatternakayam.com. Sebagai distributor peralatan ternak ayam terlengkap, UD Inti Mustika melayani pemesanan alat pada berbagai wilayah di Indonesia.