kandang ayam broiler

Jangan Lupakan Hal ini dalam Membangun Kandang Ayam Broiler

kandang ayam broiler close house automatic

Alatternakayam–Selain DOC, kandang ayam broiler juga menjadi faktor penting dalam memproduksi hasil yang maksimal. Berbeda dengan ayam kampung, kandang ayam broiler harus diperhatikan dengan benar karena aspek kehidupan dari DOC sendiri bergantung pada sistem dari kandang tersebut.

1. Sistem Kandang yang Ideal

Agar bisa meningkatkan bobot ayam dan produktivitas penting untuk mengetahui seperti apa sistem kandang yang baik dan ideal. Berikut ini adalah sistem kandang ayam broiler yang harus Anda penuhi:

Model Kandang

Dalam pemeliharaan ayam broiler, Anda dapat memilih model kandang yang ingin dibangun. Pada dasarnya kandang ayam dapat dibagi menjadi 2 macam yaitu Open House System dan Close House System.

Kandang harus dapat melindungi ayamnya dari lingkungan luar sehingga dapat terhindar dari berbagai macam penyakit dan kondisi di luar lingkungan. Close House System mungkin dapat menjadi solusi terbaik untuk melindungi ayam dari kondisi di luar kandang, namun seperti yang dibahas pada artikel kami sebelumnya, kandang ini memiliki biaya yang besar dan membutuhkan listrik yang besar juga.

Baca juga: Mengenal Lebih dalam Tentang Kandang Tipe Close House

Baca juga: Mengenal Lebih dalam Tentang Kandang Tipe Open House

Bahan Pembuatan Kandang

Kandang ayam ini juga harus disesuaikan dengan budget yang Anda miliki.  Jangan terlalu memaksakan diri jika memang budgetnya terbatas, Anda bisa membuat bahan untuk membuat kandang ayam yang tidak terlalu menguras kocek. Anda bisa menyerahkan tukang yang sudah ahli dalam pembuatan kandang ini agar bisa mendapatkan bahan yang sesuai dengan budget namun berkualitas tinggi.

Atap

Atap kandang ayam harus dapat melindungi ayam dari panas matahari secara langsung. Atap kandang juga harus tidak mudah bocor dan tahan lama.

Tinggi Kandang

Tinggi kandang harus diperhitunngkan juga yaitu lebih tinggi dari ayam agar pertumbuhannya tidak terhambat nantinya. Kandang yang terlalu pendek akan membuat ayam tidak dapat bergerak bebas juga.

2. Perhatikan DOC juga dalam Pembuatan Kandang

Dalam perencanaan kandang, DOC juga menjadi faktor yang harus diperhatikan. Kandang harus dapat membuat DOC yang dipelihara merasa nyaman. Salah satu caranya adalah membuat kandang khusus untuk DOC. Kandang tersebut dapat berupa kotak box atau kandang mini dimana tidak banyak angin yang masuk dan hangat.

Baca juga : 6 Cara Ini Dapat Meningkatkan Kualitas Perawatan DOC Ayam Broiler Anda