Iklim Dalam Kandang Ayam

Iklim Dalam Kandang Ayam

Sumber Gambar: warungstmj.com

Iklim di dalam kandang ayam mempengaruhi kenyamanan dan kesehatan peternak serta ayam. Gangguan pernafasan, pencernaan dan perilaku lebih cenderung mudah terjadi pada kandang dengan kondisi iklim tidak sesuai standar kebutuhan penghuninya. Apa akibatnya? Efisiensi penggunaan pakan dan kesehatan ayam. Ayam-ayam yang tidak sehat tentu saja tidak bisa diharapkan dapat membuahkan hasil maksimal. Semakin muda umur ayam atau ketika tingkat produksi mereka semakin tinggi, ayam cenderung semakin sensitif terhadap kondisi iklim di dalam kandang.

Faktor iklim

Faktor-faktor berikut harus diperhitungkan untuk kesejahteraan ayam:

  • Suhu
  • Kelembaban udara
  • Komposisi udara
  • Sistem Ventilasi
  • Pencahayaan

Faktor-faktor yang mempengaruhi kondisi iklim dan kesehatan ayam

Iklim dalam kandang ayam dipengaruhi oleh desain atap, dinding dan lantai, ventilasi, pemanas, pendingin dan pencahayaan. Iklim yang secara khusus diatur untuk unggas disebut iklim mikro (misalnya, DOC dalam brooder). Sebenarnya, iklim mikro adalah satu-satunya hal yang penting bagi ayam broiler. Ada kemungkinan kondisi iklim di lingkungan bisa diterima oleh ayam broiler, namun iklim di tingkat mikro (ayam broiler) ternyata tidak sesuai. Misalnya kandungan karbondioksid (CO2), CO2 adalah gas berat dan kadar CO2 pada tingkat tinggi burung (2cm – 15 cm, misalnya) bisa jauh lebih tinggi dari ketinggian 2 m. Contoh lainnya adalah penggunaan brooder, saat menggunakan brooder suhu kandang secara keseluruhan bisa jadi lebih rendah dibanding suhu brooder. Prinsip ini perlu dan dapat diterapkan untuk menghemat biaya pemanasan.

Contoh Pemanas Ayam

Suhu Kandang Ayam Broiler

Ayam broiler termasuk hewan berdarah hangat (homeothermic) yaitu dalam kisaran tertentu, suhu tubuh mereka cukup konstan. Rata-rata, suhu tubuh ayam broiler berkisar antara 41 °C dan 42,2 °C. Suhu tubuh dijaga tetap konstan dan diatur oleh bagian otak ayam yang disebut hypophyse (hipofisis). Bagian otak ini mirip dengan termostat. Kontraksi dan pelebaran pembuluh darah dan kecepatan bernafas mempengaruhi pengeluaran panas dan keringat yang akibatnya mempengaruhi suhu tubuh. Butuh beberapa waktu sebelum mekanisme pengaturan panas mulai berfungsi pada DOC dan karena itu mereka memerlukan suhu lingkungan yang lebih tinggi (inilah kenapa diperlukan brooder) daripada ayam broiler yang sudah dewasa.

Ayam-adalah-hewan-berdarah-panas

Ayam adalah hewan berdarah panas

Zona suhu

Zona nyaman ayam broiler didefinisikan sebagai zona suhu di mana ayam broiler mampu menjaga suhu tubuh tetap konstan hanya dengan sedikit usaha (misalnya: minum atau bernafas lebih cepat). Zona suhu ini juga tergantung pada jumlah asupan pakan dan kondisi kandang ayam. Perilaku ayam broiler akan berubah saat suhu naik di atas zona nyaman karena mereka akan mulai terengah-engah dan mengubah posisi tubuh mereka. Bila suhu di bawah zona nyaaman burung juga akan mengubah posisi tubuh mereka dan saling mendekati untuk berkumpul bersama.

Zona thermoneutral

Zona thermoneutral didefinisikan sebagai zona suhu di mana ayam broiler mampu menjaga suhu tubuh tetap konstan dengan bantuan regulasi panas secara fisik. Suhu dalam zona ini tergantung pada banyaknya asupan pakan dan kondisi kandang burung serta beberapa faktor lainnya. Suhu terendah di zona termonutral disebut suhu kritis terendah. Jika suhu kandang di bawah suhu ini, burung akan mulai menggunakan energi dari pakan untuk menghangatkan dirinya sendiri (yaitu menjaga suhu tubuhnya) dan akibatnya akan mengkonsumsi lebih banyak pakan. Suhu tertinggi di zona termonutral disebut suhu kritis tertinggi (HCT). Jika suhu naik di atas suhu ini, burung tidak bisa lagi menghamburkan panasnya. Mereka akan mulai mengkonsumsi lebih sedikit pakan dan produksi akan turun sebagai hasilnya.

Grafik-thermoneutral-zone

Grafik thermoneutral zone

Suhu kritis tertinggi dan terendah sangat bergantung pada:

  • Umur
  • Berat badan
  • Sistem kandang
  • Jumlah asupan pakan
  • Kelembaban relatif
  • Kecepatan udara
  • Kesehatan

Ringkasnya, dalam tulisan kali ini dijelaskan mengapa pengaturan suhu udara, komposisi udara, serta mengatur iklim kandang sangat penting dalam peternakan ayam broiler. Posting selanjutnya akan membahas tentang upaya yang dapat dilakukan untuk mendapatkan iklim kandang yang optimal.

Baca Juga: Closed House System – Atur Sirkulasi, Optimalkan Ventilasi

Sumber: https://www.warungstmj.com