cara mengatur iklim kandang ayam

Cara Mengatur Iklim Kandang Ayam Dan Tingkatkan Produksi

Banyak aspek yang memerlukan pengelolaan intensif dalam beternak ayam broiler, dimana jumlah ayam broiler di kandang cukup tinggi dan diharapkan memberikan hasil semaksimal mungkin. Oleh karena itu diperlukan kontrol iklim kandang yang tepat dan efektif untuk memastikan kondisi optimal bagi ayam broiler. Tujuannya adalah untuk menyediakan lingkungan yang mampu memaksimalkan hasil panen, mencapai tingkat pertumbuhan optimum dan seragam serta efisiensi penggunaan pakan dalam hasil panen sambil memastikan bahwa kesehatan dan kesejahteraan ayam broiler tidak terganggu.

Distribusi Panas dalam Kandang

Cara menyediakan panas tambahan di kandang ayam broiler di seluruh dunia berbeda-beda, tergantung pada pada metode ventilasi sistem ventilasi yang digunakan, penggunaan bahan bakar dan metode menyebarkan panas. Kecuali kondisi ketika ayam broiler masih dalam tahapan brooding atau dalam cuaca sangat dingin. Sekedar mengingatkan, bahwa manajemen suhu kandang adalah tujuan utama sistem ventilasi.

Ayam broiler sangat efisien dalam mengubah pakan menjadi daging ketika kondisi lingkungan (kandang) optimal secara konsisten, dimana suhu menjadi faktor yang paling penting

Simulasi Sistem Ventilasi

Simulasi Sistem Ventilasi

Perlu diperhatikan

Selama fase brooding, penurunan suhu sangat mempengaruhi performa ayam (bahkan dalam dalam waktu yang singkat).

menjaga suhu kandang ayam broiler Secara konsisten (ingat! target mendapatkan hasil yang semaksimal mungkin).

Pengaturan Iklim dalam kandang secara ekstrem membutuhkan peralatan dan manajemen lingkungan yang lebih canggih.

Pada suhu (iklim) yang sangat dingin, kondisi kering dapat menyebabkan ayam broiler kehilangan lebih banyak panas; Atur suhu agak lebih tinggi, namun sistem ventilasi harus dijaga minimal.

Kondisi yang sangat dingin mungkin memerlukan penggunaan pemanasan tambahan untuk udara dari luar sebelum memasuki kandang ayam broiler.

Dalam iklim dingin diperlukan ventilasi untuk membantu mencegah pembentukan kelembaban yang berlebihan di kandang ayam broiler.

Bagaimana Tubuh Ayam Broiler Bekerja dan Apa yang Mereka Butuhkan?

Ayam Broiler mengubah pakan dan air menjadi energi yang mereka gunakan untuk perawatan tubuh (mengoperasikan organ dan otot mereka dan menjaga diri tetap hangat) dan untuk pertumbuhan menghasilkan kenaikan berat badan.

Ayam Broiler pada dasarnya memerlukan udara untuk menurunkan suhu tubuhnya. Artinya, udara yang bergerak di dalam kandang membantu meleapas panas tubuh ayam broiler dan membuangnya ke lingkungan.

Ayam Broiler tidak berkeringat, jadi jangan mengharapkan ayam dapat menurunkan suhu tubuhnya secara evaporatif.

Contoh Sistem Ventilasi Kandang Ayam Broiler

Demikianlah kira-kira hal-hal yang perlu diperhatikan untuk mendapatkan hasil panen ternak ayam broiler dengan mengendalikan cuaca dalam kandang ayam.

Baca Juga: Iklim Dalam Kandang Ayam

Sumber: https://www.warungstmj.com