Analisis Biaya Ternak Ayam yang Diperlukan Selain Biaya Alat Ternak Ayam dan Konstruksi Kandang

Inilah Rincian Biaya Ternak Ayam yang Wajib Anda Tahu

Salah satu bisnis yang cukup menjanjikan yang bisa Anda lirik yaitu bisnis ternak ayam. Pasalnya, ayam merupakan makanan pokok penghasil protein yang permintaannya selalu meningkat.

Akan tetapi, sebelum memulai bisnis tersebut, sebaiknya Anda mengetahui analisa rincian biaya yang perlu Anda keluarkan sebagai modal awal ternak ayam, selain modal untuk alat ternak ayam dan konstruksi kandang ayam.

Inilah rincian biaya perkiraan ternak ayam, selain untuk peralatan dan konstruksi:

Daftar Harga Bibit Ayam

  1. Harga bibit ayam petelur

Rata-rata harga bibit ayam petelur di tahun 2020 untuk bibit ayam petelur yang polos sekitar Rp. 7.800 per ekor, sedangkan untuk bibit ayam petelur yang super sekitar Rp. 11.500 per ekor. Sementara untuk 1 box bibit ayam biasanya berisi sebanyak 100 ekor ayam.

  1. Harga bibit ayam broiler

Harga bibit ayam broiler di tahun 2020 untuk bibit ayam broiler BM sekitar Rp. 7.100 tiap ekor dan bibit ayam broiler super sekitar Rp. 8.100 tiap ekor untuk area pulau jawa.

  1. Harga bibit ayam kampung

Rincian rata-rata harga bibit ayam kampung adalah:

  • Harga bibit ayam kampung super atau joper sekitar Rp. 6.300 tiap ekor.
  • Harga bibit ayam kampung kamsi joper sekitar Rp. 6.000 tiap ekor.
  • Harga bibit ayam kampung pejantan sekitar Rp. 5.000 tiap ekor.
  • Harga bibit ayam arab sekitar Rp. 5.500 tiap ekor.
  • Harga bibit ayam kampung SRF sekitar Rp. 7.400 tiap ekor.

 

Daftar Biaya Makanan dan Minuman untuk Ternak Ayam

  1. Biaya Makan Ternak Ayam Potong

Rata-rata biaya makanan dan minuman ayam potong sekitar 5 juta rupiah yang meliputi biaya pembelian konsentrat sebanyak 250 kilogram, jagung, bekatul dan lainya.

  1. Biaya makan Ternak Ayam kampung

Rata-rata biaya makanan dan minuman ayam kampung yang meliputi biaya pakan pre starter dan starter sekitar 5.5 juta.

  1. Biaya Makan Ternak Ayam Petelur

Rata-rata biaya pakan 100 ekor ayam petelur sekitar 550 ribu untuk tiap bulannya.

Daftar Biaya Vitamin dan Operasional

  1. Biaya Obat-Obatan dan Vitamin

Rata-rata biaya obat-obatan ternak ayam potong yaitu sekitar 120 ribu rupiah. Sementara untuk biaya obat-obatan dan vaksin ternak ayam kampung sekitar 110 ribu dan 250 ribu.

Sementara rata-rata biaya obat-obatan ayam petelur termasuk vitamin dan vaksin adalah 100 ribu.

Biaya Operasional Lainnya

Biaya operasional lainnya selain biaya alat ternak ayam dan konstruksi kandang ayam adalah biaya karyawan dan biaya listrik.

Biaya Karyawan

Rata-rata gaji karyawan ternak ayam yaitu sekitar 800 ribu per bulan dan Anda minimal membutuhkan dua karyawan untuk membantu memelihara ternak ayam.

Biaya Listrik

Rata-rata biaya minimal listrik untuk ternak ayam sebesar Rp. 150.000 tiap bulannya. Namun, harga tersebut bisa berubah-ubah tergantung kebutuhan.

Nah, itulah analisis rincian biaya ternak ayam potong, ayam kampung, dan ayam petelur berdasarkan biaya bibit ayam, pakan, dan biaya operasional lainnya selain biaya konstruksi kandang dan peralatannya.

Bagi Anda yang membutuhkan pakan untuk ternak ayam, Anda bisa kunjungi Poultry Shop di UD Inti Mustika. Selain membeli bahan pakan dan obat-obatan, Anda juga bisa mendapatkan berbagai peralatan ternak seperti tempat minum ayam, tempat makan ayam, Egg Tray, dan lainnya.

Atau Anda juga bisa kunjungi situs distributor peralatan ayam di www.alatternakayam.com untuk mendapat berbagai informasi seputar alat ternak ayam secara lengkap.