Herbal & Essential Oil “Gelandang Bertahan” Penjaga Kesehatan Unggas

Herbal & Essential Oil “Gelandang Bertahan” Penjaga Kesehatan Unggas

Alatternakayam – Permasalahan utama yang merupakan tantangan terberat di peternakan ayam adalah munculnya penyakit, sehingga pengelolaanya perlu dilakukan secara efisien dan sesuai kebutuhan ayam modern. Perubahan iklim yang diprediksi sebagai efek pemanasan global menyebabkan pola musim hujan dan kemarau berubah tidak menentu. Kenaikan suhu lingkungan ini akan membawa berbagai dampak yang spesifik, termasuk ke dunia peternakan, antara lain meningkatnya stres panas pada ayam.
Pada ayam broiler, saat suhu kandang mencapai 40.6° C selama tiga jam  dapat menyebabkan kematian (Al-Ghamdi, 2008). Kondisi ini diperparah dengan fluktuasi suhu yang relatif tinggi antara siang dan malam hari. Akibatnya stamina tubuh ayam menurun sehingga mudah terinfeksi penyakit yang menyebabkan produktivitas menurun. Data dari BMKG untuk kondisi lingkungan pada Juni 2021 menyatakan curah hujan rendah dan mulai berlangsung musim kemarau.
Sementara prediksi penyakit yang terjadi pada Juni 2021 pada broiler dan layer adalah penyakit-penyakit yang disebabkan oleh kondisi heat stress seperti CRD dan penyakit viral. Hal ini erat kaitannya dengan faktor stres yang menyebabkan kemampuan ayam memproduksi antibodi berkurang, seperti dijelaskan dalam mekanisme di bawah ini:

Ayam broiler modern fast growing menghasilkan output panas yang lebih tinggi dan ini menyebabkan ayam fast growing lebih sensitif terhadap panas lingkungan. Ayam merupakan hewan homeothermic dan tidak mempunyai kelenjar keringat, kondisi biologis seperti ini pada saat heat stress menyebabkan ayam kesulitan membuang panas tubuhnya ke lingkungan. Sehingga tantangan heat stress yang tinggi perlu dilakukan tindakan untuk menjaga kesehatan dan performa ayam tetap terjaga. Salah satu strategi terbaik meningkatkan sistem imunitas unggas adalah dengan penggunaan herbal dan essential oil yang terbukti menjadikan unggas lebih sehat dan aman.

Indonesia terkenal sebagai negeri yang kaya akan sumber daya alamnya, salah satunya potensi tanaman herbal untuk pencegahan dan penyembuhan penyakit unggas. Sebagian besar obat herbal berasal dari ekstrak tanaman, diantaranya kunyit, jahe, lengkuas, temulawak, lempuyang dan kencur dapat dibuat ramuan yang berguna untuk memperlancar peredaran darah dan membuat unggas lebih sehat.