Berbagai Alat Ternak Ayam yang Wajib Ada Sebelum Memulai Beternak Ayam

Daftar Alat Ternak Ayam yang Wajib Dipunyai Peternak Ayam

Tertarik untuk membuka usaha ternak ayam? Saat ini, ternak ayam sering dijadikan ladang usaha untuk mendapatkan banyak keuntungan. Usaha ini dinilai memiliki potensi yang stabil dan menguntungkan karena masa panennya yang cepat. Untuk memulai beternak ayam, pastinya dibutuhkan alat ternak ayam yang tidak sedikit. Apalagi jika skala beternaknya cukup besar, maka modal yang dikeluarkan juga besar pula.

Peralatan untuk ternak apa saja yang biasanya dibutuhkan? Anda bisa mendapatkannya dengan mudah di distributor peralatan ayam. Berikut ini adalah rangkuman peralatan yang dibutuhkan:

  1. Kandang Ayam
  2. Super Feeder tempat makan ayam
  3. Nipple Impex
  4. Nipple Drip Cup
  5. Heater LB White
  6. Gasolec pemanas ayam
  7. Fan 50 inch tipe cone
  8. Fan 50 inch tipe box
  9. Cooling pad
  10. Baby chick tempat makan ayam

Dari sekian banyak peralatan ternak yang dibutuhkan, tempat makan ayam dan tempat minum ayam, jumlah item keduanya harus banyak apalagi jika skala ternaknya sangat besar. Egg tray pun harus disediakan apabila ayam yang Anda ternakkan adalah jenis ayam petelur.

Kebutuhan akan perlengkapan ternak memang beragam, tergantung skala usahanya. Ada yang dalam skala besar, ada yang juga dalam skala kecil. Selain peralatan tersebut, pakan ayam berkualitas juga harus disediakan. Pakan ini yang akan berpengaruh pada kondisi perkembangan ayam tersebut.

Memulai Beternak Ayam dalam Skala Kecil

Tidak harus langsung besar, beternak ayam bisa dimulai dari skala kecil terlebih dahulu. Menyesuaikan dengan modal dan kemampuan yang dimiliki. Untuk memulai beternak ayam, Anda bisa melakukan langkah-langkah berikut ini:

  1. Persiapan Kandang

Untuk memulai ternak ayam, kandang ayam adalah poin penting yang harus disiapkan.  Anda tidak perlu membuat sendiri. Karena banyak distributor seperti Poultry yang menyediakan kandang dengan berbagai ukuran. Adanya distributor ini seakan makin memudahkan langkah untuk memulai persiapan ternak ayam.

  1. Mensterilkan Lokasi

Sebelum kandang didirikan, alangkah baiknya apabila lokasi di mana kandang akan berdiri di steril terlebih dahulu. Hal tersebut bertujuan untuk menghindari adanya penyakit yang bisa saja menjangkiti ayam saat ternak telah dimulai. Penyakit yang timbul dari lingkungan yang kotor tentu akan sangat merugikan.

  1. Pengadaan Bibit Ayam

Selanjutnya yang harus dipersiapkan adalah bibit ayam. Usahakan untuk memilih bibit dari indukan yang berkualitas dan tahan terhadap berbagai macam penyakit. Bibit yang berkualitas akan mempengaruhi hasil panen yang akan didapatkan beberapa bulan ke depan.

  1. Peralatan Ternak Ayam

Perlengkapan ternak ayam adalah hal penting lain yang harus disiapkan. Peralatannya yang banyak memang membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Oleh karena itu modal usaha juga ikut berpengaruh. Peralatan ternak ayam dapat Anda dapatkan di berbagai distributor peralatan ayam, misalnya Poultry atau UD Inti Mustika.

  1. Persediaan Pakan

Pakan untuk ayam sangatlah beragam. Selain membeli pakan buatan, Anda juga bisa membuat pakan alternatif sendiri di rumah sehingga dapat menekan biaya pengeluaran. Pembuatan pakan alternatif ini cukup mudah serta harganya yang murah.

Alat ternak ayam adalah syarat wajib yang harus disediakan sebelum memulai ternak ayam. Banyaknya orang yang menjalankan bisnis ternak ayam membuat semakin mudah untuk mendapatkannya. Salah satu rekomendasi terbaik adalah UD Inti Mustika yang menyediakan berbagai peralatan yang lengkap dengan harga yang terjangkau.