Tips Menjaga Kebersihan Kandang Ayam Petelur

Pentingnya Kebersihan Kandang

Produktivitas telur yang dihasilkan oleh ayam petelur sangat dipengaruhi oleh tingkat stress yang dialami oleh ayam petelur. Semakin tidak nyaman dengan kondisi kandang, maka tingkat stress ayam petelur juga bisa meningkat. Jika hal ini dibiarkan secara terus-menerus tentunya bisa menyebabkan kerugian karena jumlah produksi telur tidak sesuai target. Untuk meminimalisir terjadinya stress pada ayam petelur, peternak perlu untuk selalu menjaga kebersihan kandang agar ayam bisa selalu merasa nyaman saat berada di dalam kandang. Menjaga kebersihan kandang juga berguna untuk memutus penyebaran penyakit yang dapat merugikan bagi peternak karena menambah biaya perawatan.

Menjaga Kebersihan Kandang Ayam Petelur

Peternak bisa melakukan beberapa langkah untuk menjaga kebersihan kandang bagi ayam petelur. Beberapa tips untuk membersihkan kandang ayam petelur di antaranya sebagai berikut:

  1. Menyusun Jadwal Pembersihan

Tujuan dibuatnya jadwal agar peternak bisa melakukan pembersihan secara rutin. Pembersihan kandang yang terlambat dapat menjadi sarang penyakit dan menghasilkan bau yang tidak sedap. Membersihkan kandang minimal satu kali dalam sehari pada saat hari setelah ayam beraktivitas sepanjang hari.

  1. Teknik Pembersihan

Bagian awal yang harus dibersihkan adalah bagian awal kandang. Hal ini karena pada bagian dalam kandang pasti banyak kotoran dari ayam dan sisa makanan. Bagian utama kandang yang harus segera dilakukan pembersihan adalah bagian bawah kandang. Bau tidak sedap di area kandang berasal dari bawah karena sebagai tempat menampung kotoran. Lakukan pembersihan pula pada area dinding dan atap kandang.

  1. Rutin Menyemprot Disinfektan

Setelah melakukan pembersihan di area kandang, langkah selanjutkan adalah penyemprotan disinfektan. Penyemprotan bertujuan untuk membunuh bakteri di dalam kandang, sehingga tidak berisiko untuk menimbulkan penyakit. Penyemprotan lebih baik dilakukan sebanyak 2 kali dalam seminggu agar kandang menjadi lebih bersih dan sehat bagi ayam petelur.

  1. Mengganti Litter Secara Berkala

Jika kandang menggunakan litter atau alas kandang, sebaiknya diganti secara berkala. Hal ini karena litter menjadi tempat menumpuknya kotoran dan sisa makanaan. Litter jika digunakan terlalu lama juga dapat menyebabkan kerusakan. Litter yang diganti secara berkala dapat membuat ayam petelur menjadi lebih nyaman dan produktif.

  1. Pastikan Kondisi Kandang Selalu Kering

Jamur sangat mudah tumbuh di tempat yang lembab. Maka, pastikan area kandang dan peralatan ternak selalu dalam keadaan kering. Anda bisa menjemur peralatan ternak di bawah sinar matahari setelah dilakukan pembersihan atau pencucian.

  1. Gunakan Bahan Campuran Saat Membersihkan

Ada beberapa bahan campuran yang digunakan untuk membersihkan kandang. Salah satunya adalah madisep. Madisep adalah semacam detergen yang aman bagi ayam petelur dan telurnya. Penggunaan madisep dapat dilakukan dengan mencampurkannya pada air dan dioleskan pada tempat atau alat yang ingin dibersihkan. Kadar penggunaannya sekitar 15 ml tiap 10 liter air. Madisep dapat menimbulkan sensasi segar dan kebersihan yang total. Penggunaan garam dapur saat pembersihan kandang bisa menjadi alternatif untuk membunuh cacing yang berbahaya bagi kesehatan ayam petelur. Membersihkan kandang dari serangan kutu juga dapat dilakukan dengan cara mencampurkan air tawas saat pembersihan kandang.

  1. Lakukan Reparasi Berkala

Reparasi atau perbaikan kandang bertujuan untuk memperbaiki kerusakan yang terjadi di area kandang agar ayam petelur bisa merasa nyaman di dalam kandang. Kerusakan bisa berupa area kandang yang berlubang atau rapuh.

Untuk menunjang aktivitas beternak, Anda membutuhkan peralatan ternak yang lengkap dan berkualitas. Kini, Anda bisa dengan mudah mendapatkannya di UD Inti Mustika melalui toko online www.bukalapak.com/intimustika dan www.tokopedia.com/alatternakayam. Anda juga bisa mendapat informasi lengkap seputar ternak ayam di www.alatternakayam.com.