Tips Memilih Tempat Minum Ayam Broiler dan Layer

Tempat Minum Ayam Broiler dan Layer

Sebelum memulai bisnis ternak ayam, Anda tentu harus mempersiapkan alat-alat untuk peternakan ayam broiler dan layer. Perlu diketahui bahwa ada banyak jenis alat yang akan Anda butuhkan, sebut saja tempat minum ayam, tempat makan, kipas exhaust fan, cell deck, dan pemanas.

Selain memperhatikan kualitas ayam yang dipelihara, Anda juga harus memperhatikan kualitas peralatan yang digunakan. Ayam-ayam yang Anda pelihara tentu akan tumbuh dengan baik dan sehat jika dirawat dengan baik. Salah satu cara merawat yang baik adalah dengan menyediakan fasilitas yang tidak sembarangan.

Salah satu alat yang penting untuk dimiliki oleh peternak ayam adalah wadah air minum. Mungkin banyak disepelekan, namun wadah air minum memiliki peran yang penting bagi ayam-ayam yang Anda pelihara. Pemilihan wadah untuk menampung air minum juga harus dilakukan dengan baik.

Pentingnya Tempat Air Minum

Wadah minum untuk ayam sama pentingnya dengan wadah pakan mereka. Selain butuh makan, ayam-ayam yang Anda pelihara juga butuh minum agar bisa bertumbuh dengan baik. Selain itu, pemilihan tempat air minum juga perlu dilakukan dengan teliti untuk menjaga kenyamanan ayam maupun kenyamanan Anda sebagai peternak.

Kebersihan kandang menjadi poin penting yang harus selalu dijaga. Pemilihan wadah minum yang tepat bisa berpengaruh pada kebersihan kandang ayam Anda. Jika wadah minumnya tidak pas maka air minum bisa berceceran di mana-mana dan mengganggu kebersihan serta kenyamanan ayam-ayam.

Sebenarnya tak jauh berbeda dengan pemilihan tempat makan ayam, berikut adalah beberapa tips memilih tempat air minum untuk ayam:

  • Ketahui jenis wadah yang akan digunakan, apakah tipe manual, semi otomatis, atau otomatis lalu pilih jenis wadah minum yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.
  • Pastikan wadah minum terbuat dari bahan yang aman dan tidak berbahaya untuk ayam-ayam Anda.
  • Pilihlah wadah minum yang terbuat dari bahan yang tahan panas dan tahan asam.
  • Pilihlah wadah minum yang mudah untuk dibersihkan.
  • Pastikan kondisi wadah minum bagus, tidak ada bagian yang retak atau pecah.
  • Untuk jenis wadah minum otomatis, tanyakan juga bagaimana proses pemasangannya dan berapa biaya yang dibutuhkan.
  • Pilih wadah minum yang memiliki warna-warna terang agar bisa menarik perhatian ayam-ayam dan memudahkan mereka untuk minum.
  • Sesuaikan pilihan wadah minum dengan anggaran dana yang Anda miliki.

Setelah menemukan wadah air minum yang tepat baru kemudian Anda bisa mempersiapkan peralatan lainnya. Contohnya seperti cell deck yang digunakan untuk mempertahankan kelembaban kandang ayam. Kemudian Anda juga perlu mempersiapkan kipas exhaust fan agar sirkulasi udara di dalam kandang ayam tetap lancar.

Pemanas juga diperlukan untuk membantu mengerami telur-telur ayam dan merawat anak-anak ayam. Pemilihan semua alat ini harus dilakukan dengan hati-hati. Apalagi alat-alat untuk peternakan ayam broiler dan layer ini membutuhkan biaya sehingga Anda harus teliti. Jangan sampai salah dan malah membuat Anda merugi.

Pilihan tempat minum ayam yang berkualitas akan membantu meningkatkan kualitas hidup ayam-ayam yang Anda pelihara. Pastikan Anda memilih produk wadah minum yang terbukti bagus kualitasnya, awet, dan memudahkan Anda merawat ayam-ayam ternak Anda. Untuk hal tersebut Anda bisa percayakan pada Alatternakayam.com.