Tips Memilih Alat Pemanas Ayam Broiler dan Layer yang Tepat

Tips Memilih Alat Pemanas Ayam Broiler dan Layer yang Tepat

Penggunaan Alat Pemanas Ayam Broiler dan Layer

Pemilihan alat-alat untuk peternakan ayam broiler dan layer akan sangat berpengaruh pada kualitas ternak yang dihasilkan. Ada beberapa jenis alat yang akan Anda butuhkan seperti tempat makan, tempat minum, kipas exhaust fan, cell deck, dan jangan sampai ketinggalan pemanas ayam atau brooder.

Brooder merupakan alat yang digunakan untuk merawat anak-anak ayam yang baru saja menetas. Anak-anak ayam inilah yang kemudian akan Anda rawat dan besarkan menjadi ayam-ayam dewasa yang berkualitas. Semakin baik Anda merawat anak-anak ayam tersebut maka semakin baik pula hasil ternak Anda.

Brooder menjadi satu jenis alat yang penting karena mempengaruhi kehidupan ayam-ayam Anda. Brooder digunakan untuk memberi perlindungan dan kehangatan bagi anak-anak ayam. Seperti kita tahu bahwa anak ayam belum memiliki penghangat tubuh yang sempurna jadi harus dibantu dengan alat brooder ini.

Pemilihan Brooder

Ada beberapa jenis brooder yang beredar di pasaran. Sama seperti alat-alat untuk peternakan ayam broiler dan layer lainnya, Anda harus menentukan mana yang akan dipakai dan mana yang tidak. Pemilihan alat-alat ini tentu saja harus dilakukan secara teliti agar tidak berdampak buruk pada ternak Anda.

Untuk brooder itu sendiri, Ada banyak jenis brooder yang bisa Anda dapatkan di pasaran. Bagi Anda yang masih merasa bingung brooder seperti apa yang akan digunakan, berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan saat memilih brooder:

  1. Skala Ternak

Hal pertama yang perlu Anda pertimbangkan adalah skala ternak yang Anda miliki. Apakah Anda memiliki ternak dalam skala besar atau kecil? Pastikan jenis brooder yang Anda gunakan bisa mengakomodasi ayam-ayam yang ada di peternakan Anda.

Anda bisa menggunakan brooder listrik atau brooder kompor sekam untuk peternakan skala kecil. Sementara itu, untuk peternakan skala besar Anda bisa menggunakan brooder gasolec.

  1. Anggaran

Berapa anggaran yang Anda miliki untuk pembelian brooder? Seperti kita tahu bahwa banyak peralatan yang harus Anda beli untuk melengkapi peternakan Anda. Mulai dari hal-hal kecil seperti tempat makan, tempat minum, hingga cell deck, kipas exhaust fan, dan brooder ini.

Tentukan berapa jumlah uang yang bisa digunakan untuk membeli alat penghangat atau brooder. Pilih jenis brooder yang terjangkau oleh anggaran dana Anda. Jika nanti ada dana lebih, Anda bisa mengganti brooder ke jenis yang lebih mahal atau lebih baik.

  1. Kelebihan dan Kelemahan

Setiap jenis brooder memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing. Silakan cari tahu apa saja kelebihan dan kelemahan masing-masing brooder. Pastikan Anda memilih jenis brooder yang lebih menguntungkan Anda, bukannya merugikan.

  1. Perawatan

Agar bisa digunakan untuk jangka waktu yang lama, Anda harus merawat brooder dengan baik. Cari tahu bagaimana perawatan tiap jenis brooder. Pilih jenis brooder yang perawatannya mudah dan terjangkau sehingga tidak memberatkan Anda.

Penggunaan pemanas ayam atau brooder jelas menjadi satu hal penting bagi kelangsungan hidup ayam-ayam ternak Anda. Jadi, pastikan Anda memilih jenis brooder yang paling tepat dan berkualitas. Tanyakan pada mereka yang sudah lebih dulu beternak ayam mengenai jenis brooder yang bisa Anda gunakan. Atau Anda bisa langsung konsultasikan di sini.