Teknologi Coarse Corn Tingkatkan Kinerja Broiler Modern

Teknologi Coarse Corn Tingkatkan Kinerja Broiler Modern

Sumber Gambar: majalahinfovet.com

Alatternakayam – Optimalisasi nutrient value dalam pakan salah satunya dapat melalui aplikasi teknologi pakan yang bertujuan mempengaruhi proses nutrisi dalam sistem saluran pencernaan ayam broiler. Sehingga walaupun tanpa peran Antibiotic Growth Promoter (AGP) yang kini telah dilarang penggunaannya, maka upaya optimalisasi nilai nutrisi pakan akan berdampak positif terhadap peningkatan performance broiler modern.

Salah satu aplikasi teknologi tersebut adalah melaului perbaikan terhadap perkembangan gizzard (gizzard development) pada ayam broiler modernGizzard atau ampela merupakan salah satu kompartemen dalam saluran pencernaan unggas yang unik, seringkali gizzard disebut sebagai mechanical stomach (perut mekanis) yang memiliki dua bagian otot kuat dan memiliki fungsi sebagai gigi (pengunyah). Pakan yang terkonsumsi (digestive juice) dari kelenjar saliva dan proventriculus akan menuju ke ampela dan mengalami proses grinding (penggilingan), mixing (pencampuran) dan mashing (penghalusan bahan pakan).

Salah satu faktor yang dapat menstimulasi perkembangan gizzard adalah ukuran partikel (particlel size) bahan pakan. Ukuran partikel bahan pakan yang besar akan mempengaruhi fungsi  saluran pencernaan (Gastro Intestinal Tract/GIT) dan perkembangan gizzard. Perkembangan gizzard yang baik akan memperbaiki gerak peristaltic usus, meningkatkan retention time (waktu diam) pakan dalam GIT, meningkatkan kecernaan, absopsi nutrisi pada usus bagian bawah, dan menurunkan resiko Cocsidiosis dan Enteric diseases lain, sehingga akan meningkatkan performa ayam broiler itu sendiri

Baca Juga: Cara Pengendalian Limbah Peternakan Ayam Broiler

Sumber: http://www.majalahinfovet.com