Rahasia Cara Beternak Ayam Agar Cepat Besar? Kulik Cara Lengkapnya di Sini

Rahasia Cara Beternak Ayam Agar Cepat Besar? Kulik Cara Lengkapnya di Sini

Ketahui Rahasia Cara Beternak Ayam Agar Cepat Besar Secara Lengkap di Sini

Anda peternak ayam dan ingin ayamnya cepat besar? Siapa pun pasti menginginkan hal yang demikian. Prosesnya bahkan sudah dimulai dari awal pengadaan alat ternak ayam.  Ayam yang cepat besar mengindikasikan bahwa ayam tersebut sehat dalam perkembangannya. Berbagai cara dilakukan untuk membuat ayam agar cepat besar.

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa juga Anda lakukan agar ayam ternak cepat besar:

  1. Memberikan Makanan yang Sehat dan Bergizi

Banyak cara praktis yang dilakukan untuk membuat ayam agar cepat besar. Misalnya memberikan obat rangsangan yang belum tentu aman digunakan. Cara yang paling simple dan mudah adalah dengan memberikan makanan yang sehat dan bergizi. Jenis makanan yang diberikan bisa berupa makanan alami atau makanan buatan yang berasal dari pabrik. Pemberian makanan yang sehat juga harus diiringi dengan kebersihan tempat minum ayam dan juga tempat makan ayam.

  1. Memberikan Makanan Alternatif yang Berkualitas

Tidak hanya memberikan makanan alami buatan sendiri saja, makanan alternatif lainnya pun bisa diberikan. Contohnya sorgum yang kaya akan manfaat yang berguna untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan ayam itu sendiri.

  1. Memberikan Vitamin

Cara lain yang dapat digunakan untuk membesarkan ayam dalam waktu relatif singkat adalah dengan memberikan vitamin. Vitamin sangat dibutuhkan dalam proses pertumbuhan dan perkembangan ayam. Macam vitamin ada banyak sekali. Namun, lebih baik jika pemberian vitamin tersebut tidak berlebihan.

  1. Menjaga Kondisi Ayam Agar Tidak Stres

Membuat ayam agar cepat besar tidak hanya dengan memperhatikan asupan makanan dan vitamin yang diterima. Kondisi fisik dan psikis ayam juga ikut mempengaruhi. Ayam yang cenderung stres akan sulit untuk tumbuh besar. Stres tersebut bisa dipicu banyak hal. Misalnya kondisi kandang yang tidak kondusif, peralatan ternak ayam tidak bersih serta lingkungan sekitar kandang yang bising.

  1. Menjaga Kebersihan Alat Ternak Ayam

Menjaga kebersihan alat ternak ayam juga ikut berpengaruh seperti egg tray. Kondisi peralatan yang bersih dan higienis akan mempengaruhi kesehatan ayam. Ayam yang sehat tentu akan membuat ayam cepat besar. Termasuk alat makan ayam yang sangat penting karena ayam akan memakai alat tersebut setiap hari. Bersihkan alat tersebut secara rutin sehingga dapat membunuh bakteri dan virus yang mungkin saja muncul.

Pemilihan Pakan yang Tepat untuk Menunjang Pertumbuhan

Untuk menunjang pertumbuhan ayam sehingga dapat tumbuh dengan maksimal dan cepat besar, pakan bisa menjadi faktor penting yang harus diperhatikan. Jadi pentingnya pemilihan tidak hanya pada alat ternak ayam saja. Pemilihan pakan berkualitas juga harus diutamakan. Pakan yang seperti apa yang dapat mendukung, ini dia ulasannya:

  1. Mengandung banyak protein, karbohidrat dan vitamin
  2. Kondisi pakan masih fresh
  3. Sesuaikan pakan dengan kebutuhan dan tingkat umur dari ayam tersebut
  4. Sesekali tidak ada salahnya menggunakan pakan alami yang dibuat sendiri
  5. Pakan dibuat di tempat  yang telah mempunyai ijin dan berpengalaman

Untuk mendapatkan jenis tempat pakan yang sesuai dan alat ternak ayam lainnya yang berkualitas, kini lebih mudah untuk didapatkan. Salah satu distributor peralatan ayam  yang terpercaya adalah UD Inti Mustika. UD Inti Mustika sebagai distributor perlengkapan ternak ayam menyediakan secara lengkap dengan kisaran harga yang bersahabat. Kini beternak ayam semakin mudah dan menguntungkan dengan berbagai kemudahan yang didapatkan.