Pola Kemitraan Ternak Ayam dengan Keuntungan Berlipat? Ketahui Jenis-Jenisnya di Sini!

Pola Kemitraan Ternak Ayam dengan Keuntungan Berlipat? Ketahui Jenis-Jenisnya di Sini!

Mengenal Pola Kemitraan

Beternak dengan sistem kemitraan telah menjadi sistem beternak yang populer di masyarakat. Kepopuleran ini memunculkan berbagai pola kemitraan yang berbeda-beda pada setiap perusahaan inti. Para peternak harus mengerti jenis-jenis pola kemitraan agar tidak menimbulkan kesalahpahaman di kemudian hari dan kedua pihak bisa sama-sama diuntungkan.

  1. Kemitraan dengan Sistem Kontrak

Konsep kemitraan dengan sistem kontrak ditandai dengan perusahaan inti yang berkewajiban menyediakan sapronak dan pembimbing teknis. Sedangkan, peternak berkewajiban menyediakan kandang, peralatan, operasional dan tenaga kerja. Kerjasama ini dituangkan dalam dokumen kontrak yang telah disepakati oleh kedua belah pihak di awal perjanjian. Isi dokumen kontrak biasanya terdiri dari kontrak harga sapronak, harga jual ayam, bonus prestasi dan SOP selama masa kerjasama. Keuntungan dari sistem kontrak adalah peternak bisa mendapatkan bantuan modal kredit sapronak, bimbingan teknis, jaminan pemasaran dan kepastian harga ayam. Peternak hanya perlu berfokus untuk budidaya ayam hingga ayam siap dipanen. Kelemahan dari sistem kontrak adalah keutnungan peternak relative lebih tipis karena adanya tambahan harga sapronak sebagai keuntungan bagi perusahaan inti. Ketika harga jual ayam di atas nilai kontrak, harga ayam dalam perhitungan laba rugi tetap menggunakan harga kontraj yang berlaku. Hal ini terkadang juga bisa disesuaikan dengan kebijakan dari perusahaan inti sesuai dengan kesepakatan kontrak.

  1. Kemitraan dengan Sistem Bagi Hasil

Konsep kemitraan dengan sistem bagi hasil masih serupa dengan sistem kontrak. Perusahaan inti tetap berkewajiban menyediakan sapronak dan peternak tetap berkewajiban menyediakan kandang, operasional dan tenaga kerja. Aktivitas pemasaran dapat dilakukan oleh perusahaan inti atau dilakukan bersama-sama. Hal ini bergantung pada kesepakatan awal. Perbedaan sistem bagi hasil dengan sistem kontrak adalah harga sapronak pada sistem bagi hasil didasarkan pada harga pasar aktual atau harga eceran tertinggi. Pembagian keuntungan didasarkan pada perhitungan hasil penjualan ayam sesuai harga pasar dikurangi dengan biaya yang dikeluarkan oleh kedua pihak. Persentase keuntungan ditentukan berdasarkan kesepakatan kedua pihak pada awal perjanjian. Jika terjadi kerugian, maka yang menanggung kerugian tersebut adalah kedua pihak. Meskipun terkesan lebih ekonomis, sistem bagi hasil juga memiliki kelemahan. Kelemahan sistem bagi hasil adalah rawannya ketidakjujuran mengenai total biaya yang telah dikeluarkan. Keuntungan juga relatif lebih kecil karena adanya pembagian hasil.

  1. Kemitraan dengan Sistem Makloon

Konsep beternak dengan sistem makloon juga dikenal dengan istilah sistem manajemen fee. Tanggung jawab penyediaan pada sistem makloon antara perusahaan inti dan peternak masih sama dengan sistem kontrak. Perbedaannya terletak pada pembagian keuntungannya. Pada sistem makloon, besar kecilnya keuntungan bagi peternak didasarkan pada IP atau Indeks Produksi yang telah ditetapkan oleh perusahaan inti. IP dihitung per ekor ayam yang siap dipanen. Segala sesuatu, seperti jenis DOC, pakan dan waktu panen telah ditentukan oleh perusahaan inti. Kelebihan dari sistem makloon adalah peternak hanya menanggung kerugian yang diakibatkan oleh biaya operasional yang dikeluarkan. Namun, kerugiannnya adalah keuntungan bisa sangat tipis, bahkan bisa rugi operasional jika IP yang dihasilkan jauh di bawah standar.

Pentingnya Memilih Kemitraan Ternak Ayam yang Tepat

Beternak dengan sistem kemitraan sangat berkaitan dengan tanggung jawab perjanjian. Kedua pihak harus bisa saling menguntungkan dengan menjalankan tanggung jawab penyediaan sesuai perjanjian, baik secara kuantitas maupun kualitasnya. Perjanjian juga harus sejelas mungkin agar tidak menimbulkan kerugian atau kesalahpahaman di kemudian hari.

Konsultasi seputar beternak ayam? UD Inti Mustika solusi tepat bagi Anda yang ingin mengetahui informasi, tips dan trik seputar dunia peternakan. UD Inti Mustika juga menyediakan berbagai kebutuhan alat ternak yang dapat Anda dapatkan dengan mudah melalui www.alatternakayam.com.