Peralatan Pendukung untuk Pemeliharaan Ayam Petelur

Peralatan Pendukung untuk Pemeliharaan Ayam Petelur

Pentingnya Peralatan Pendukung

Kandang memang menjadi faktor penting untuk kenyamanan ayam. Namun, kandang juga membutuhkan peralatan pendukung untuk meningkatkan rasa nyaman bagi ayam, sehingga ayam bisa tumbuh dengan baik. Pertumbuhan ayam yang baik tentunya juga berpengaruh pada hasil produksi yang berkualitas, baik dalam bentuk telur maupun daging. Peralatan pendukung yang digunakan juga harus disesuaikan dengan jenis kandang ayam yang digunakan.

Peralatan Pendukung untuk Ternak Ayam Petelur

Terlepas dari apapun jenis kandang yang digunakan, ada beberapa peralatan yang sudah sepatutnya untuk ada di setiap jenis kandang. Berikut adalah beberapa peralatan pendukung untuk pemeliharaan ternak ayam petelur:

  1. Litter

Alas lantai atau litter adalah material seperti sekam, serutan kayu ataupun pasir yang digunakan untuk menutupi bahan alas kandang. Pemberian litter pada beberapa jenis kandang bertujuan agar ayam tidak merasa kedinginan karena kaki ayam tidak langsung menyentuh bahan alas kandang. Pemilihan bahan untuk litter sebaiknya adalah bahan yang mudah menyerap air. Hal ini bertujuan agar kandang bisa selalu dalam keadaan kering.

  1. Tempat Bertelur

Penyediaan tempat bertelur bertujuan untuk memudahkan pengambilan telur dan kulit telur bisa terhindar dari berbagai jenis kotoran. Pemberian tempat bertelur juga untuk meminimalisir terjadinya telur pecah akibat terinjak atau termakan. Peletakan tempat bertelur perlu disesuaikan dengan jenis kandang yang digunakan.

  1. Tempat Bertengger

Sebagai tempat istirahat atau tidur, tempat bertengger perlu disesuaikan pula dengan tinggi ayam. Tempat bertengger dibuat pada dinding kandang.

  1. Tempat Makan, Minum dan Grit

Untuk anak ayam petelur bisa menggunakan tempat makan berbentuk persegi atau bulat datar agar memudahkan anak ayam saat mengambil makanan. Minuman untuk ayam petelur biasanya berbentuk lurus memanjang menyerupai huruf U atau V. Bisa juga menggunakan tempat minum sarang koloni. Penggunaan tempat makan dan minum bertujuan agar pakan dan minum tidak berceceran saat pemberian pakan dan minum. Hal ini juga mendukung agar kondisi kandang bisa selalu kering. Grit adalah bahan tambahan ransum ayam yang terdiri dari batu kecil-kecil, kapur, pecahan granit, kulit kerang ataupun partikel lain yang sedikit keras. Pemberian grit bertujuan untuk membantu proses pencernaan dan sebagai sumber mineral bagi ayam, seperti kalsium, mangan dan fosfor.

  1. Alat Pemanas

Brooder atau alat pemanas berfungsi sebagai penghangat ruangan agar ayam tidak merasa kedinginan, terutama saat musim hujan. Brooder bisa berbentuk lampu pijar, lampu minyak, kompor ataupun gasolek. Penggunaan brooder dalam bentuk gasolek biasanya digunakan untuk menghangatkan ayam dalam jumlah yang banyak, yiatu 1.000-1.500 ekor. Gasolek menggunakan energi gas untuk bisa menghangatkan ayam.

  1. Termometer

Salah satu alat penting yang digunakan untuk mengontrol suhu di dalam kandang. Penggunaan termometer dapat membantu peternak untuk memantau suhu optimal yang harus ada di dalam kandang. Sehingga, peternak bisa mengambil tindakan untuk meningkatkan atau menurunkan suhu agar bisa mencapai suhu optimal kandang. Peletakan termometer sebaiknya tidak mengganggu ketenangan ayam dan diletakkan pada tempat yang mudah untuk dilihat peternak.

Penggunaan peralatan pendukung ini bisa membantu mengoptimalkan pemeliharaan pada ayam petelur. Jika Anda kesulitan untuk menentukan peralatan pendukung sesuai dengan jenis kandang, Anda bisa berkonsultasi pada UD Inti Mustika yang bisa memberikan saran seputar ternak ayam. Pembelian kebutuhan alat ternak secara lengkap juga dapat dilakukan dengan mudah di www.alatternakayam.com atau mengunjungi toko online UD Inti Mustika di www.bukalapak.com/intimustika dan www.tokopedia.com/alatternakayam.