kebersihan kandang ayam broiler

Pentingnya Menjaga Kebersihan Kandang Ayam Broiler

kebersihan kandang ayam broiler
Sumber Gambar: https://ayamkita.com

Alatternakayam – Salah satu kunci keberhasilan terjaganya kualitas daging ayam adalah dengan menjaga kandang ayam broiler tetap bersih dan bebas dari hama, bakteri, dan penyakit. Peternakan yang memiliki kandang ayam broiler yang terjaga akan menghasilkan daging ayam yang berkualitas tinggi. Peternak yang selalu menjaga kebersihan kandang ayam broilernya merupakan salah satu peternak yang mementingkan kualitas peternakannya.

Kandang ayam broiler yang terjaga sanitasinya dan bebas dari hama, bakteri, dan penyakit pada akhirnya akan menghasilkan bibit-bibit ayam yang sehat, kuat, dan terbebas dari penyakit. Ayam-ayam yang sehat, kuat, dan terhindar dari penyakit ini akan memberikan hasil panen yang baik dari sisi kualitas dan kuantitas. Dari sisi kualitas, daging ayam broiler akan lebih sehat, gemuk, dan layak untuk dikonsumsi sehingga dapat memberikan asupan nutrisi bagi siapa saja yang mengonsumsinya. Sedangkan dari sisi kuantitas, hasil panen akan semakin banyak dikarenakan ternak ayam broiler terbebas dari terjangkitnya penyakit.

Kualitas ayam broiler yang baik dan layak untuk dikonsumsi dapat dilihat dari fisiknya. Ayam yang sehat dan segar setelah masa panen hasil dari terjaganya kandang ayam broiler tidak akan memiliki kulit dengan meninggalkan bercak-bercak merah yang lama kelamaan dapat berubah menjadi kebiruan. Daging ayam broiler yang segar dan berkualitas akan memiliki tampilan warna kulit yang putih mengkilat tanpa memar dan terlihat bersih. Tak hanya itu saja efek yang dihasilkan akibat rutin menjaga kebersihan kandang ayam broiler. Kebersihan kandang ayam broiler ini akan menghasilkan daging ayam dengan tekstur daging yang terasa lembab dan tidak lengket saat disentuk. Tekstur daging yang lembab dan tidak lengket saat disentuh ini ada kaitannya erat dengan kekenyalan daging. Daging ayam yang sehat dan segar serta layak untuk dikonsumsi akan segera kembali ke bentuk semula apabila disentuh.

Peternak yang dengan rutin menjaga kebersihan kandang ayam broiler di peternakannya juga akan menghasilkan daging ayam yang beraroma segar. Anda pasti sudah tahu bahwa salah satu penentu segar tidaknya daging ayam yang beredar di pasaran adalah dengan mengetahui dari aromanya. Daging ayam kurang segar dan kurang sehat akan memunculkan aroma yang kurang sedap dan cenderung berbau anyir dan busuk. Hal ini tentu sangat berbeda dengan daging ayam segar yang pada umumnya akan memberikan aroma khas daging ayam broiler yang segar dan tidak amis, cenderung anyir, serta berbau busuk.

Selain memperhatikan kualitas kandang ayam broiler yang ada di peternakan, ada baiknya peternak juga memperhatikan kualitas pakan yang diberikan. Kualitas pakan yang diberikan dalam kandang ayam broiler ini juga dapat mempengaruhi kualitas dan kesehatan ayam. Pakan ayam broiler yang berkualitas dapat mendukung kesehatan ayam itu sendiri serta masa pertumbuhannya. Jadi, dengan memperhatikan kualitas pakan dan kandang ayam broiler, diharapkan peternak akan menghasilkan panen yang baik dan berkualitas tinggi dengan masa panen yang relatif cepat sehingga memenuhi kebutuhan masyarakat. Kebutuhan pasokan akan daging ayam broiler ini pada umumnya akan meningkat pada musim-musim tertentu seperti bulan puasa  dan hari raya.

Baca juga: Cara mengatasi amoniak pada peternakan, Bahaya dan penyebab Amoniak

Sumber: https://ayamkita.com