Pentingnya Kipas Exhaust Fan di Kandang Ternak Ayam Broiler dan Layer

Penggunaan Kipas Exhaust Fan

Kipas exhaust fan merupakan salah satu jenis alat yang perlu Anda miliki jika Anda ingin memulai usaha ternak ayam broiler dan layer. Khususnya jika Anda menggunakan sistem closed house untuk beternak ayam. Exhaust fan membantu Anda menciptakan lingkungan yang layak dan udara yang bersih untuk ayam-ayam ternak Anda.

Persiapan alat-alat untuk peternakan ayam broiler dan layer perlu dilakukan dengan cermat agar kegiatan beternak bisa berjalan sukses. Dimulai dari pemilihan tempat makan dan tempat minum sampai pemanas atau brooder, cell deck, hingga exhaust fan. Untuk membantu Anda mempersiapkan diri dengan baik, kali ini kita akan membahas lebih jauh mengenai exhaust fan.

Exhaust fan bukanlah benda baru karena sebenarnya alat ini tidak hanya khusus digunakan di kandang ternak ayam. Exhaust fan juga biasa digunakan di rumah, maupun bangunan-bangunan lain. Exhaust fan dibutuhkan untuk memperlancar sirkulasi udara di dalam ruangan sehingga tidak terasa pengap dan udara di dalam ruangan tetap nyaman.

Mengapa Butuh Exhaust Fan?

Lalu, mengapa benda ini dibutuhkan di kandang ternak ayam broiler dan layer? Tentu ada alasan mengapa alat ini diperlukan untuk melengkapi kandang ternak ayam Anda. Berikut adalah beberapa alasan mengapa perlu dipasang exhaust fan di kandang ternak ayam tipe closed house:

  • Negara kita memiliki cuaca yang panas sehingga udara di dalam kandang bisa jadi sangat panas dan pengap.
  • Udara di dalam kandang bisa semakin pengap karena kandang ayam dibuat tertutup, sehingga sirkulasi udara sangat penting.
  • Kotoran ayam membuat udara di dalam kandang menjadi bau, agar tidak bau maka dibutuhkan exhaust fan untuk mengeluarkan bau tidak enak dari dalam kandang.
  • Ayam-ayam membutuhkan suasana yang nyaman dan exhaust fan bisa menjadi salah satu alat yang membantu menciptakan suasana serta udara nyaman untuk ayam-ayam ternak Anda.

Penggunaan exhaust fan sebenarnya tidak hanya memberi kenyamanan untuk ayam-ayam ternak. Exhaust fan juga bisa memberi kenyamanan untuk operator atau peternak yang bekerja di dalam kandang. Peternak bisa lebih nyaman bekerja dengan udara yang tidak pengap dan tidak berbau kotoran ayam.

Berdampingan dengan Cooling Pad

Exhaust fan tidak hanya digunakan sendiri namun perlu dilengkapi dengan cooling pad atau cell deck. Dua jenis perlengkapan ini akan membuat sirkulasi udara di dalam kandang menjadi semakin lancar. Exhaust fan akan menyerap udara dari dalam kandang dan membuangnya keluar. Sementara itu cooling pad akan menjaga kelembaban di dalam kandang dan membuatnya lebih sejuk.

Pemasangan exhaust fan dan cooling pad biasanya dilakukan ketika pembuatan kandang. Sebelum ayam-ayam diternakkan di dalam kandang, akan jauh lebih baik jika sistem sirkulasi udara sudah lancar. Kandang yang memiliki sistem ventilasi udara yang baik tentu akan menjadi lingkungan hidup yang nyaman bagi para ayam sehingga mereka bisa tumbuh optimal.

Banyak persiapan yang harus dilakukan untuk memulai usaha ternak ayam. Selain persiapan alat-alat untuk peternakan ayam broiler dan layer seperti tempat makan, tempat minum, pemanas, cell deck, dan kipas exhaust fan Anda juga perlu membekali diri dengan ilmu peternakan. Sebelum memulainya, Anda bisa mengonsultasikannya di sini. Selamat mencoba!