Penggunaan Probiotik Dalam Ransum Ayam Broiler

Penggunaan Probiotik Dalam Ransum Ayam Broiler

Sumber Gambar: warungstmj.com

Alatternakayam – mengulas artikel sebelumnya tentang kegunaan probiotik untuk Ayam Broiler. Singkatnya probiotik adalah bakteri baik yang berguna untuk mengusir bakteri jahat. Bakteri baik ini kemudian membuat koloni dalam sistem pencernaan ayam broiler (terutama dalam usus) dan membantu proses penyerapan sari makanan.

Setelah mengetahui manfaat-manfaat baik dari probiotik sekarang waktunya kita menerapkannya. Memasukkan probiotik dalam ransum Ayam Broiler. Berikut ulasannya:

Waktu Pemberian Probiotik yang Tepat

Ayam broiler dewasa yang sehat sudah memiliki usus yang bekerja dengan baik dan memiliki populasi bakteri baik. Jika ayam tersebut diberikan probiotik yang berisi strain bakteri yang baik baru, perlakuan ini mampu mengubah keseimbangan populasi antara berbagai strain bakteri baik dalam usus, tetapi belum tentu meningkatkan kesehatan ayam. Pada dasarnya, perlakuan tersebut hanya menukar bakteri baik yang sudah ada dengan bakteri baik yang baru, atau meningkatkan tingkat satu jenis bakteri baik dibandingkan dengan bakteri lain baik di ayam usus. Oleh karena penambahan probiotik tidak disarankan untuk ayam dewasa yang sehat, banyak manfaat dalam memberikan probiotik. Namun, kata-kata kunci di sini adalah “sehat”dan “dewasa” sehingga penggunaannya nanti menyesuaikan dengan kondisi Ayam Broiler.

Grafik Pertumbuhan Ayam Broiler

Grafik Pertumbuhan Ayam Broiler

Sementara itu, DOC atau anak ayam yang baru lahir tidak memiliki kemampuan dan waktu yang cukup untuk membangun populasi yang kuat dari bakteri baik. DOC yang baru lahir lebih rentan terkena bakteri jahat, sehingga bakteri baik akan mudah “dikalahkan”jika mereka terkena bakteri jahat. Makanan yang terkontaminasi atau tempat air minum adalah penyebab utama sumber bakteri jahat. Pakan ayam juga merupakan tempat berkembang biak bakteri jahat jika sudah terkontaminasi oleh kotoran hewan pengerat seperti tikus.

Sangat disarankan untuk memberikan probiotik pada anak ayam dalam minggu pertama masa produksi. Perlakuan ini sangat baik untuk meningkatkan kewaspadaan dan menghemat biaya perawatan.

Selain itu, sangat masuk akal untuk memberikan probiotik untuk ayam dewasa dalam keadaan tertentu. Seperti disebutkan sebelumnya, ayam broiler yang sudah dewasa dan sehat telah memilki bakteri baik dalam ususnya.

Namun, ayam yang menderita penyakit karena bakteri tertentu dapat diobati dengan antibiotik. Antibiotik akan membunuh bakteri jahat tersebut namun juga akan menghancurkan bakteri menguntungkan dalam ayam usus. Jika hal ini terpaksa dilakukan, bakteri jahat akan mudah masuk dan mengambil alih usus ayam broiler dari bakteri yang tidak berbahaya.

Pemberian probiotik untuk ayam dewasa setelah mereka telah diobati dengan antibiotik juga merupakan tindakan yang wajar. Pemberian antibiotik ketika ayam sudah dewasa sebaiknya setelah 1-2 minggu sejak pemberian antibiotik terakhir. Mengapa? Karena antibiotik juga akan membunuh bakteri baik dalam probiotik.

Sumber Probiotik

Pemilik ayam dapat membeli probiotik secara langsung di toko-toko pertanian atau toko pakan. Sebagian besar ramuan probiotik ini mengandung berbagai koloni bakteri baik (dengan jumlah yang relatif kecil ), termasuk diantaranya adalah strain berikut:

  • Lactobacillus acidophilus

  • Lactobacillus casei

  • Lactobacillus bulgaricus

  • Lactobacillus plantarum

  • Streptococcus thermophilus

  • Enterococcus faecium

  • Bifidobacterium

Pendekatan lain adalah dengan memberi ransum ayam broiler dengan sejumlah kecil makanan yang mengandung bakteri baik yang sama. Keuntungan dari pendekatan ini adalah makanan akan berisi banyak strain bakteri menguntungkan daripada bakteri probiotk dari produk komersial.

Baca Juga: Probiotik Dan Prebiotik Untuk Ayam Broiler

Sumber: https://www.warungstmj.com