Nutrisi Pakan Ayam Broiler yang Penting Dipenuhi

Nutrisi Pakan Ayam Broiler yang Penting Dipenuhi

Sumber Gambar: ayamkita.com

Alatternakayam – Pakan ayam broilers yang tepat akan membuat ayam tersebut tumbuh dengan baik. Selain itu daging ayam broiler akan bertambah dengan pesat jika Anda memberikan pakan yang tepat. Untuk bisa memberikan pakan yang tepat Anda harus mengetahui tipsnya. Pemberian pakan yang asal bisa menyebabkan ayam tidak bisa tumbuh dan berkembang secara sempurna. Ayam pedaging seperti broiler ini membutuhkan lima nutrisi di dalam pakannya yaitu protein, energi, vitamin, mineral dan lemak. Untuk mendapatkan semua nutrisi tersebut Anda bisa memberikan pakan dengan cara mencampurnya atau bisa juga dengan memberikan makan secara selang-seling. Simak pakan ayam broilers yang paling bergizi berikut ini:

Sumber Energi

Ketika Anda akan memberikan pakan ayam broilers yang Anda ternakkan, hal pertama yang harus diberikan adalah yang memberikan energi kepada ayam Anda. Energi ini berguna untuk membuat ayam Anda tetap lincah dan gesit berbeda dengan ayam yang tidak diberikan energi ini yang mana terlihat lesu seperti sedang mengantuk. Sumber energi yang bisa Anda berikan adalah jagung. Dibandingkan dengan yang lainnya sumber energi pada jagung lebih tinggi. Pilihlah jagung yang baik untuk pakan ternak Anda seperti jagung yang berwarna kuning, atau jagung yang bijinya berwarna merah yang di dalamnya mengandung karoten. Karoten tersebut bermanfaat untuk menyehatkan mata ayam broilers Anda agar tetap jernih. Sumber karbohidrat lainnya yang lainnya yang bisa Anda berikan kepada ayam broiler ini adalah padi, tepung gaplek, tepung ubi jalar dan juga sagu.

Protein Hewani

Untuk bisa memberikan nutrisi yang tepat, Anda bisa memberikan protein hewani dalam pakan ayam broilers Anda. Protein hewani ini bisa membuat berat badan ayam menjadi lebih meningkat dengan tajam.  Makanan yang bisa Anda berikan adalah tepung ikan tepung jagung, tepung daging dan tulang. Selain itu Anda bisa memberikan tepung yang terbuat dari kepala udang yang tinggi protein. Anda juga bisa mencampurkan tepung ini ke sumber energi ayam seperti jagung, padi, tepung gaplek dan lain sebagainya.

Protein Nabati

Selain protein hewani Anda bisa memberikannya protein nabati yang mana berasal dari tumbuhan. Protein hewani maupun nabati sama pentingnya untuk tumbuh dan kembang ayam broiler. Untuk mencukupi kebutuhan protein nabatinya Anda bisa memberikan bungkil kedelai, biji kecipir, ampas kecap dan tahu dan yang terakhir adalah bungkil kacang tanah. Semua bahan tersebut protein nabatinya sangat tinggi sehingga bisa membuat tumbuh kembang ayam broiler menjadi berkembang dengan pesat.

Mineral

Ayam broilers membutuhkan kebutuhan mineral meskipun hanya sedikit, yang mana mineral ini sangat dibutuhkan untuk kesehatan tulang. Tulang yang kokoh bisa membuat tubuh ayam bisa berdiri dengan tegap, dan kepadatan tulang menjadi lebih terjaga. Untuk mencukupi kebutuhan mineral, Anda bisa memberikan tepung tulang, tepung ulit kerang, garam dapur dan masih banyak lagi lainnya.

Makanan Tambahan

Selain makanan utama tersebut, Anda bisa memberikannya makanan tambahan yang mana bisa membuat ayam broiler menjadi lebih kebal terhadap berbagai macam penyakit. Makanan tambahan ini berfungsi sebagai obat, antibiotik, bersila anti jamur, anti racun dan anti radikal bebas. Makanan tambahan yang bisa Anda berikan adalah Koksidiostat, antimold, antitoksin, dan antioksidan.

Sekadar kenyang saja tidak cukup untuk menjaga kesehatan dan kebugaran ayam broiler yang Anda ternakkan. Peternak yang sekadar memberikan pakan asal kenyang bisa menyebabkan tumbuh kembang ayam menjadi maksimal. Oleh sebab itu mulai saat ini cukupi kebutuhan nutrisi ayam Anda sekarang juga. Dengan memberikan pakan ayam broilers yang penuh nutrisi, Anda akan bisa mendapatkan keuntungan seperti ayam tidak mudah sakit dan pertumbuhan yang maksimal.

Baca juga: Pengganti Antibiotik? Peranan Probiotik pada Ayam Broiler

Sumber: https://ayamkita.com/