Mengenal Pengertian Cell Deck dan Fungsinya dalam Usaha Ternak Ayam

Apa Itu Cell Deck?

Usaha ternak ayam broiler dan layer bisa menjadi pilihan bisnis yang menguntungkan. Untuk memulainya, Anda perlu mempersiapkan alat-alat untuk peternakan ayam broiler dan layer. Ada banyak jenis alat yang perlu dipersiapkan contohnya tempat makan, tempat minum, pemanas, dan kipas exhaust fan. Selain itu, ada satu alat yang juga perlu Anda miliki dan akan dibahas di sini yaitu cell deck atau cooling pad.

Cooling pad merupakan salah satu alat yang wajib dimiliki oleh peternak ayam broiler dan layer dengan metode closed house. Artinya closed house adalah kandang tertutup dimana ayam-ayam yang diternakkan dipelihara tertutup dari dunia luar. Penggunaan closed house memang disarankan bagi Anda yang ingin beternak ayam broiler dan layer.

Ada beberapa keuntungan beternak ayam dengan kandang tertutup di antaranya:

  • Menjaga kebersihan udara sehingga ayam-ayam yang dipelihara tetap sehat dan terhindari dari penyakit.
  • Melindungi ayam-ayam ternak dari stres akibat terlalu banyak kontak langsung dengan manusia atau hewan lainnya.
  • Mempermudah peternak menyediakan lingkungan yang nyaman dengan suhu udara yang sesuai bagi ayam-ayam yang diternakkan.

Fungsi Cooling Pad

Cooling pad memiliki fungsi penting bagi ayam-ayam yang dipelihara dengan sistem closed house. Cooling pad akan membantu menyediakan iklim yang nyaman bagi ayam-ayam dengan cara mendinginkan kandang ayam. Cara kerja alat ini pada dasarnya cukup sederhana.

Alat ini akan terhubung secara langsung dengan pompa air. Air akan masuk dari bagian atas cooling pad dan melewati bagian yang mengalami penguapan. Penguapan ini terjadi karena ada udara panas yang berasal dari luar kandang. Selanjutnya, penguapan ini bertemu dengan aliran air dan membuat udara yang masuk ke dalam kandang menjadi lembab.

Dapat disimpulkan bahwa cooling pad akan menjaga ayam-ayam tetap nyaman dengan udara sejuk di dalam kandang. Udara panas yang ada di luar kandang tidak akan mengganggu kenyamanan para ayam. Dengan begitu ayam-ayam bisa bertumbuh dengan maksimal.

Tipe Cooling Pad

Seperti alat-alat untuk peternakan ayam broiler dan layer lainnya, selalu ada beberapa tipe yang ditawarkan. Sebelum menggunakannya, tentu saja Anda harus tahu tipe apa saja yang tersedia dan tipe apa yang paling sesuai untuk dipakai di peternakan Anda.

Ada dua tipe cooling pad yang bisa Anda temukan di pasaran, yaitu:

  • Tipe Low Grade tanpa lapisan anti jamur.
  • Tipe High Grade dengan lapisan anti jamur.

Karena alat ini berhubungan dengan air dan penguapan maka bisa diperkirakan bahwa alat ini akan berada dalam kondisi yang lembab. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk memilih cooling pad yang tipe high grade agar tidak mudah berjamur. Selain itu tipe high grade juga lebih anti bau sehingga akan membuat suasana kandang menjadi lebih nyaman.

Anda juga bisa menemukan cell deck atau cooling pad di Alatternakayam.com dengan ukuran yang bervariasi. Silakan pilih cooling pad dengan ukuran yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Setelah itu, lengkapi peralatan lainnya seperti tempat minum, tempat makan, kipas exhaust fan, dan pemanas atau brooder.