Mengenal Macam Tempat Minum Ayam Broiler dan Layer

Memilih Jenis Tempat Minum Ayam yang Tepat

Ada banyak jenis perlengkapan yang dibutuhkan untuk beternak ayam. Salah satu jenis benda yang perlu dimiliki oleh peternak ayam adalah tempat minum ayam. Sesuai dengan namanya, wadah ini akan digunakan untuk menampung air minum bagi ayam-ayam yang Anda pelihara.

Mungkin terdengar sepele namun wadah air minum untuk ayam ini memiliki peran yang penting, selain tempat makan tentunya. Coba saja bayangkan jika tidak disediakan wadah untuk air minum, tentu saja ayam-ayam yang Anda pelihara bisa dehidrasi.

Alat-alat untuk peternakan ayam broiler dan layer memang banyak jenisnya seperti cell deck, pemanas, kipas exhaust fan, dan wadah minum. Terdengar sepele, namun penting untuk mengetahui apa saja jenis tempat air minum ayam yang dapat Anda gunakan. Secara garis besar, wadah air minum untuk ayam dibagi menjadi tiga tipe yaitu tempat air minum yang manual, semi otomatis, dan otomatis.

Berikut adalah penjelasan singkat mengenai tipe-tipe tempat air minum ayam:

 

Manual

Sesuai dengan namanya, wadah minum manual berarti wadah biasa di mana Anda harus mengisi air minum sendiri. Sebenarnya wadah minum jenis ini adalah tipe yang paling sederhana dan sangat mudah untuk didapatkan. Ada dua macam wadah minum ayam manual yang bisa Anda temui di pasaran yaitu galon dan PVC.

Wadah minum jenis ini sangat mudah digunakan dan harganya juga murah. Namun, penggunaan wadah minum ini rawan tumpah dan mudah sekali kotor. Anda harus rajin-rajin membersihkannya. Selain itu, Anda juga harus mengawasi apakah masih ada air minum yang tersisa atau sudah habis dan perlu diisi kembali.

Semi Otomatis

Wadah minum semi otomatis ini memiliki bentuk bell drinker atau lonceng. Di bagian bawah dilengkapi dengan wadah yang akan menampung air minum. Air akan turun ke dalam wadah perlahan-lahan. Anda tidak harus mengisi ulang air minum setiap saat karena air bisa tersedia dengan sendirinya.

Wadah ini cukup memudahkan Anda menyediakan air minum untuk ayam-ayam. Namun, Anda harus hati-hati dan pastikan Anda sudah memeriksa apakah ada kebocoran atau tidak. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan apakah ada kotoran yang masuk ke dalam air atau tidak.

Otomatis

 

Wadah minum otomatis merupakan tipe wadah minum yang banyak digunakan saat ini, terutama oleh para peternak ayam skala besar. Tentu akan sangat merepotkan jika harus mengisi air minum terus menerus. Oleh karena itu peternak ayam skala besar dianjurkan memakai wadah minum yang otomatis.

Wadah minum ini disebut juga nipple drinker. Wadah minum ini tertutup sehingga meminimalkan adanya kontaminasi air minum. Namun, wadah minum otomatis ini membutuhkan biaya yang cukup tinggi untuk instalasi atau pemasangannya. Anda juga harus membersihkan wadah minum ini minimal seminggu sekali.

Selain memilih tempat minum ayam yang tepat, Anda juga perlu mempersiapkan kebutuhan lainnya seperti tempat makan, cell deck, kipas exhaust fan, pemanas, dan lain sebagainya. Anda bisa memilih wadah minum jenis apapun, yang sekiranya paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika Anda membutuhkan alat-alat untuk peternakan ayam broiler dan layer lengkap maka Anda bisa mengunjungi Alatternakayam.com.