Memahami Aturan Penggunaan Cell Deck

Penggunaan Cell Deck

Cell deck atau cooling pad merupakan salah satu alat peternakan ayam yang banyak digunakan saat ini. Alat ini terutama digunakan untuk beternak ayam broiler dan layer dengan sistem kandang closed house atau tertutup. Fungsi utamanya adalah untuk menjaga kelembaban udara di dalam kandang sehingga ayam-ayam ternak bisa tetap nyaman dan bertumbuh secara optimal.

Seperti kita tahu bahwa alat-alat untuk peternakan ayam broiler dan layer ada banyak ragamnya. Cooling pad tadi adalah salah satunya, selain itu ada alat-alat lain seperti tempat makan, tempat minum, kipas exhaust fan, pemanas atau brooder, dan masih banyak lagi. Semua alat ini digunakan dengan tujuan meningkatkan kualitas hidup ayam-ayam yang diternakkan.

Kembali lagi ke cooling pad. Penggunaan cooling pad sebenarnya sangat dianjurkan terutama di negara kita yang cuacanya seringkali panas. Udara panas bisa membuat ayam-ayam merasa tidak nyaman dan bisa stres. Apalagi jika mereka dipelihara di kandang tertutup. Karena itulah dibutuhkan cooling pad.

Hal Penting Penggunaan Cooling Pad

Bagi Anda yang tertarik untuk beternak ayam broiler dan layer dalam sistem kandang tertutup atau closed house, Anda harus memahami hal-hal penting mengenai cooling pad. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan seputar cooling pad:

  • Perhatikan luas kandang dan sesuaikan dengan cooling pad yang akan digunakan agar udara sejuk bisa tersalurkan secara merata.
  • Tidak perlu menggunakan cooling pad jika peternakan Anda berada di lokasi yang dingin karena hanya akan menambah biaya dan membuat udara di dalam kandang menjadi semakin dingin.
  • Jika udara sudah cukup lembab, hindari menggunakan cooling pad karena bisa membuat udara dalam kandang menjadi semakin lembab dan akan menjadi tidak nyaman bagi ayam-ayam ternak.
  • Penting untuk dipahami bahwa cooling pad tidak hanya membuat udara dalam kandang menjadi lebih sejuk namun juga membantu menyaring udara yang masuk sehingga lebih bersih.
  • Instalasi cooling pad perlu dilakukan dengan tepat agar bisa bekerja dengan maksimal.
  • Lakukan pemeriksaan secara berkala supaya cooling pad bisa tetap bekerja dengan baik untuk jangka waktu yang lama.
  • Pilih jenis cooling pad yang memiliki lapisan anti jamur dan bau sehingga udara yang masuk ke kandang adalah udara bersih, sehat, dan tidak berbau.
  • Pilih cooling pad yang ukurannya paling sesuai dengan kebutuhan kandang Anda.

Pentingnya Udara Bersih di Dalam Kandang

Cooling pad akan membantu menyediakan udara bersih bagi ayam-ayam yang diternakkan. Kotoran yang masuk melalui udara akan disaring oleh cooling pad sehingga ayam-ayam di dalam kandang hanya akan menerima udara bersih. Seperti manusia, ayam-ayam yang diternakkan juga butuh udara bersih agar bisa hidup dengan sehat dan optimal.

Udara yang bersih dan sejuk akan meningkatkan kualitas hidup ayam broiler dan layer yang diternakkan. Mereka juga akan terhindar dari stres jika dibiarkan hidup di lingkungan dengan udara yang bagus kualitasnya. Karena lingkungan hidupnya mendukung, maka bobot ayam ternak Anda bisa optimal.

Itulah tadi sedikit informasi seputar cell deck atau cooling pad. Anda bisa mencari tahu lebih jauh lagi mengenai ragam alat-alat untuk peternakan ayam broiler dan layer seperti tempat makan, tempat minum, pemanas, dan kipas exhaust fan di Alatternakayam.com untuk mempersiapkan diri beternak ayam broiler dan layer.