Kurangi Tingkat Stress Pada Ayam untuk Menghasilkan Unggas Berkualitas

Kurangi Tingkat Stress Pada Ayam untuk Menghasilkan Unggas Berkualitas

Kenali Pentingnya Menjaga Tingkat Stress Pada Ayam

Sebagai salah satu jenis makhluk hidup, ayam juga perlu kondisi yang stabil agar tetap bisa bertumbuh secara normal. Seringkali para peternak ayam hanya berfokus pada penyediaan makanan pada ayam dan mengesampingkan aspek stress pada ayam. Padahal tingkat stress yang dialami oleh hewan ternak turut memengaruhi pertumbahan hewan ternak tersebut. Hewan ternak bisa mengalami pertumbuhan yang lambat dan kurus bila terlalu sering mengalami stress. Bahkan, jika kondisi stress ini dibiarkan bisa berujung pada angka kematian hewan ternak yang meningkat.

Ada banyak hal yang bisa memengaruhi tingkat stress pada ayam. Beberapa di antaranya adalah tingkat kontak manusia, pemilihan jenis kendang, dan sistem pertukaran udara di kandang. Sebagai seorang peternak yang ingin menghasilkan unggas berkualitas sudah sepatutnya untuk mengetahui dan menerapkan beberapa hal yang bisa membantu menjaga tingkat stress pada ayam. Berikut beberapa hal yang harus diterapkan untuk menjaga tingkat stress pada ayam:

1.Minimalisir Kontak Manusia

Memeriksa kondisi ayam dan kandang memang suatu tindakan yang penting. Namun, jika dilakukan terlalu sering dapat membuat ayam mengalami stress karena terlalu sering kontak dengan manusia. Lakukan pemeriksaan dengan jadwal berkala. Bisa juga dengan memanfaatkan teknologi untuk memeriksa kondisi ayam. Misalnya dengan menggunakan feeder dan drinker otomatis, vaksinasi dengan spray, dan lain sebagainya yang bisa mengurangi kontak manusia dengan hewan ternak.

2.Pemilihan Jenis Kandang yang Tepat

Salah satu jenis kandang modern yang mendukung penggunaan teknologi untuk perkembangan ayam adalah kandang dengan sistem close house. Konstruksi kandang dengan sistem close house adalah kandang dengan konstruksi tertutup untuk menjamin keamanan hewan ternak secara biologi. Kandang dengan sistem close house mendukung penggunaan teknologi, seperti blower, chilling effect, dan cooling system sehingga pengaturan suhu pada kandang semakin mudah. Pengaturan suhu yang tepat juga memiliki peran yang cukup besar untuk menjaga tingkat stress pada ayam. Penggunaan kandang dengan sistem close house juga lebih bisa meminimumkan cahaya yang masuk ke kandang, sehingga lebih terkontrol. Kandang modern ini juga sangat cocok untuk diterapkan pada ternak ayam broiler dan mampu menampung jumlah ayam yang lebih banyak karena bisa dibuat bertingkat.

3.Buat Sistem Pertukaran Udara yang Baik di Kandang

Menyediakan udara yang sehat bagi ternak mampu membuat ternak untuk tetap berada pada kondisi yang stabil. Hadirkan sebanyak-banyaknya oksigen dan mengeluarkan sesegera mungkin gas-gas berbahaya, seperti karbondioksida dan ammonia yang berasal dari dalam kandang. Solusi yang tepat adalah membuat sistem ventilasi yang baik. Kualitas udara yang baik adalah komponen kandungan oksigen, karbondioksida, karbonmonoksida, dan ammonia dengan batasan tertentu.

  1. Oksigen > 19.6%
  2. Karbondioksida < 0.3%
  3. Karbonmonoksida < 10 ppm
  4. Amonia < 10 ppm

Bila komponen pada kualitas udara tidak sesuai dengan batasan tersebut, maka perlu dilakukan perbaikan pada sistem ventilasi di kandang sesegara mungkin agar ayam tetap berada pada iklim yang membuatnya nyaman.
Menjadi seorang peternak ayam yang berhasil tidak hanya membutuhkan modal dan niat. Namun, juga memerlukan pengetahuan yang luas mengenai dunia peternakan agar bisa menghasilkan hewan ternak yang berkualitas.

Untuk memenuhi kebutuhan peralatan dalam menjaga stabilitas tingkat stress pada ayam, Anda bisa mendapatkannya di UD Inti Mustika. Salah satu perusahaan terlengkap dan terpercaya yang menyediakan berbagai kebutuhan peternakan.