Ini Dia Cara Membuat Pakan Ayam Alternatif di Rumah Sendiri. Lebih Mudah dan Murah

Ini Dia Cara Membuat Pakan Ayam Alternatif di Rumah Sendiri. Lebih Mudah dan Murah

Penasaran? Ini Cara Membuat Pakan Ayam Alternatif di Rumah yang Lebih Murah dan Simple

Selain alat ternak ayam, pakan ayam adalah salah satu komponen penting yang harus disiapkan saat memutuskan untuk beternak ayam. Pakan ini yang akan membantu pertumbuhan ayam sehingga cepat besar dan sehat.  Penyediaan pakan harus disiapkan dengan matang karena hanya pakan yang berkualitas yang dapat menghasilkan ayam yang berkualitas pula. Saat ini, pakan tidak harus membeli dari toko atau pabrikan, pakan ayam juga bisa dibuat sendiri di rumah dengan biaya yang lebih murah.

Bagaimana cara membuat pakan ayam alternatif tersebut, berikut ini berbagai rangkuman yang bisa Anda coba sendiri di rumah:

Pakan Ayam Dari Pohon Talas

Pohon talas banyak tersebar di Indonesia sehingga mudah untuk didapatkan. Cara membuat pakan alternatif dari bahan ini cukup mudah. Anda bisa mencincang umbi talas sampai halus. Tidak hanya umbinya, batang dan daun juga bisa digunakan dengan cara yang sama. Letakkan bahan tersebut pada tempat makan ayam dan lihat hasilnya beberapa hari kemudian.

Menggunakan Beras Dolog

Jadi, pada dasarnya biaya alat ternak ayam yang mahal selain pengadaan kandang adalah pakan ayam, sebab pakan ini banyak dibutuhkan mulai dari awal hingga masa panen. Untuk menekan biaya tersebut, maka membuat pakan alternatif sendiri di rumah adalah cara yang paling tepat. Salah satunya dengan bahan beras dolog. Jenis beras ini dikenal lebih murah dibandingkan dengan beras lainnya.

Dedak Bekatul

Apabila rumah Anda dekat dengan tempat penggilingan beras akan lebih menguntungkan, sebab sisa penggilingan beras yang berupa dedak ternyata dapat dimanfaatkan sebagai pakan alternatif yang murah, tapi bergizi. Dedak yang digunakan bisa yang kasar atau yang halus. Caranya pun cukup mudah. Ambil air dari tempat minum ayam dan campur bahan tersebut menjadi satu hingga menjadi bubur dan siap untuk dimakan oleh ayam.

Jagung Giling

Alat ternak ayam banyak sekali tidak hanya meliputi egg tray saja. Ada juga yang bisa Anda manfaatkan untuk membuat pakan alternatif, salah satunya adalah penggilingan jagung. Jagung digunakan sebagai pakan alternatif karena mengandung banyak nutrisi yang bagus untuk pertumbuhan dan perkembangan ayam.

Biji-Bijian

Tidak hanya jagung saja, biji-bijian lain juga bisa dimanfaatkan sebagai pakan alternatif lainnya. Cara pembuatannya pun sangat mudah. Cukup dengan mencincang secara halus biji-bijian tersebut. Umumnya biji yang sering digunakan berasal dari kacang-kacangan.

Bekicot

Lokasi peternakan ayam yang dekat dengan persawahan akan sangat menguntungkan bagi Anda sebab dari sana bisa mendapatkan banyak bekicot yang ternyata setelah di uji coba bekicot dapat dijadikan pakan alternatif untuk ayam. Bekicot ini mempunyai kandungan protein yang tinggi. Baik sekali untuk pertumbuhan ayam sebelum masa panen tiba.

 

Tepung-Tepungan

Pakan alternatif terakhir yang dapat dicoba adalah jenis tepung-tepungan. Misalnya tepung ikan atau tepung tulang yang mulai banyak digunakan. Cara pembuatannya cukup mudah. Ikan hanya perlu dihaluskan dan dibuat menjadi tepung. Selanjutnya tepung tersebut dapat Anda campur dengan air sehingga adonannya seperti bubur.

Alat ternak ayam memang sangat beragam. Yang paling banyak dibutuhkan adalah tempat pakan dan minum, ada banyak model tempat pakan dan minum ayam, tinggal Anda yang menentukan sesuai kebutuhan Anda. Untuk mendapatkan tempat pakan ayam dan perlengkapan ternak lainnya yang berkualitas sekarang tidak lagi mengalami kesulitan. Distributor peralatan ayam UD Inti Mustika sebagai distributor besar siap menyediakan berbagai peralatan ternak ayam yang Anda butuhkan. Sebelum membeli, Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu. Tunggu apalagi, segera kunjungi UD Inti Mustika sekarang juga!