Ini Cara Mudah Merawat Tempat Makan Ayam Broiler dan Layer

Perawatan Tempat Makan Ayam Broiler dan Layer

Kelengkapan alat-alat untuk peternakan ayam broiler dan layer menjadi sebuah investasi bagi peternak ayam. Sebut saja tempat minum, cell deck, pemanas atau brooder, kipas exhaust fan, dan tak lupa tempat makan ayam. Semua alat tersebut perlu dirawat dengan baik agar bisa terus digunakan beternak ayam dalam jangka waktu yang lama.

Wadah yang digunakan untuk menampung makanan ayam menjadi salah satu jenis alat yang memiliki peran penting dalam dunia ternak ayam. Ayam-ayam yang diternakkan tentu bisa bertumbuh dan berkembang dengan sehat jika kebutuhan makannya terpenuhi dengan baik.

Kebersihan wadah makan ayam juga harus diperhatikan. Perawatan yang baik akan membuat wadah makan bisa digunakan untuk jangka waktu yang lama. Lalu, bagaimana cara merawat wadah makan ayam yang tepat?

Berikut adalah beberapa cara merawat wadah makan ayam:

  • Bersihkan wadah makan secara teratur paling tidak dua kali dalam sehari agar tidak ada kotoran yang mengkontaminasi pakan ayam.
  • Bersihkan wadah ayam dari sekam yang ikut tercampur pakan agar tidak tertelan terutama oleh anak-anak ayam.
  • Jika wadah sudah tidak terpakai, maka bersihkan wadah lalu keringkan dan simpan di tempat yang bersih agar bisa digunakan kembali.

Cara pembersihan tersebut merupakan cara yang bisa diterapkan untuk wadah makan manual. Sementara itu, wadah makan otomatis membutuhkan metode pembersihan yang berbeda. Berikut adalah beberapa cara perawatan atau pembersihan wadah makan otomatis:

  • Bersihkan wadah makan dengan cara dikuras dan sisa pakan yang terkuras bisa ditampung dengan menggunakan karung atau wadah lainnya.
  • Pengurasan wadah makan bisa dilakukan dengan bantuan jagung dan sekam.
  • Setelah ayam dipanen dan masuk masa istirahat, maka Anda harus menutup lubang yang ada di bagian penampungan pakan agar tidak dimasuki hewan seperti tikus misalnya.
  • Pastikan tidak ada sisa pakan yang menggumpal di dalam wadah makan ayam otomatis supaya tidak timbul jamur.

Untuk jenis wadah makan otomatis, Anda harus teliti memeriksa bagian-bagiannya. Pastikan tidak ada sisa pakan yang menempel dan pastikan semua bagian masih bisa berfungsi dengan baik. Wadah makan otomatis memiliki biaya yang lebih besar jadi Anda harus merawatnya sebaik mungkin agar tetap awet digunakan.

Bahaya Jika Tidak Dirawat

Perawatan wadah makan ayam mungkin terdengar sepele. Namun, hal ini sangat penting untuk dilakukan. Wadah makan ini digunakan untuk menampung makanan ayam-ayam ternak Anda. Jika makanan tersebut terkontaminasi maka bisa berdampak buruk bagi ayam-ayam tersebut.

Salah satu contohnya adalah penggumpalan sisa pakan di dalam wadah. Penggumpalan ini bisa membuat pakan menjadi berjamur. Kemudian, jamur bisa mengontaminasi pakan baru yang dituangkan ke dalam wadah. Hasilnya, ayam Anda bisa keracunan jika mengonsumsi pakan yang terkontaminasi.

Perawatan alat-alat untuk peternakan ayam broiler dan layer sebenarnya bukan hal yang sulit. Kebersihan menjadi hal utama yang harus dijaga, khususnya untuk tempat minum dan tempat makan ayam. Sementara itu, untuk alat lain seperti cell deck, kipas exhaust fan dan pemanas dibutuhkan pemeriksaan secara berkala agar bisa tetap berfungsi dengan baik. Jika Anda sedang mencari tempat untuk membeli peralatan ternak ayam broiler dan layer yang berkualitas, rekomendasi terbaik ada di sini.