Ingin Produktivitas Ayam Petelur Meningkat? Cari Tahu Tips Perawatannya di Sini!

Ingin Produktivitas Ayam Petelur Meningkat? Cari Tahu Tips Perawatannya di Sini!

Tingkatkan Keuntungan dengan Produktivitas Ayam Petelur

Telur menjadi makanan yang selalu dibutuhkan masyarakat karena telur memiliki banyak nutrisi yang sangat dibutuhkan untuk konsumsi masyarakat maupun untuk usaha kuliner. Jika para peternak ayam petelur berhasil dalam memenuhi permintaan telur di masyarakat, pastinya tingkat keuntungan bagi para peternak juga meningkat. Hal ini menjadikan produktivitas ayam petelur yang stabil atau meningkat sebagai harapan bagi setiap peternak ayam petelur. Menjamin produktivitas yang baik, perlu ada perawatan yang baik pula pada ayam petelur.

Perawatan yang Baik untuk Ayam Petelur

Menjadi peternak yang sukses tidak hanya membutuhkan modal materi, namun juga perlu modal pengetahuan seputar ternak ayam. Hal ini bertujuan agar para peternak bisa melakukan perawatan yang baik pada ayam ternaknya. Tentunya perawatan yang baik juga memengaruhi kualitas ayam, baik bagi ayam pedaging maupun ayam petelur. Berikut adalah beberapa tips perawatan yang baik untuk ayam petelur, yaitu:

  1. Menjaga Kebersihan Kandang

Kondisi kandang yang baik sangat berpengaruh pada kenyamanan ayam. Lakukan pembersihan kandang secara berkala agar terhindar dari serangan berbagai penyakit yang berasal dari kotoran ayam. Jika kandang ayam menggunakan litter, lakukan penggantian litter secara rutin agar tidak menimbulkan bau yang tidak sedap. Selalu pastikan kandang untuk berada pada kondisi yang kering.

  1. Minimalisir Kontak dengan Manusia

Ayam yang terlalu sering kontak langsung dengan manusia cenderung lebih mudah mengalani stress. Lakukan pengecekan kondisi ayam pada saat dilakukan pembersihan agar ayam tidak terlalu sering bertemu dengan manusia. Anda juga bisa memanfaatkan teknologi untuk memantau kesehatan ayam tanpa harus datang ke kandang. Beri area kosong di depan kandang untuk aktivitas ayam saat dibebaskan. Hal ini bertujuan agar ayam tidak mudah merasa bosan.

  1. Memberikan Pakan yang Sehat

Pemberian pakan yang sehat dan berkualitas sangat berpengaruh pada hasil produksi telur ayam yang maksimal. Nutrisi yang dibutuhkan oleh ayam adalah protein, karbohidrat, mineral, kalsium dan vitamin. Pakan yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi ayam adalah konsentrat, dedak dan jagung yang sudah digiling. Pakan yang baik diberikan sebanyak dua kali pada fase starter dan tiga kali pada ayam yang sudah mencapai fase finishing. Pastikan takaran pakan sesuai dengan kebutuhan jumlah pakan untuk ayam. Pakan dengan takaran yang kurang dapat menurunkan kualitas telur. Pakan dengan takaran yang berlebihan juga bisa menyebabkan penumpukan lemak. Penumpukan lemak pada tubuh ayam dapat menyebabkan produksi telur yang menurun.

  1. Menjaga Kesehatan Ayam Petelur

Merawat kesehatan pada ayam petelur dapat dilakukan dengan memberikan vaksin dan vitamin secara rutin. Selain sebagai tambahan asupan nutrisi, pemberian vaksin dan vitamin juga bertujuan untuk menjaga kekebalan tubuh ayam. Menjaga kesehatan juga bisa dilakukan dengan mengatur pola minum ayam. Membersihkan seluruh peralatan ternak ayam dengan disinfektan juga membantu mencegah serangan penyakit yang berasal dari peralatan ternak yang digunakan.

Setelah melakukan perawatan yang baik, pada masa panen masih perlu dilakukan penyortiran telur hasil panen. Telur dengan kualitas yang baik akan tenggelam jika dimasukkan ke dalam air. Telur normal berbentuk oval dan berkulit tipis. Penyortiran ini juga bertujuan untuk mendeteksi ayam petelur yang kurang sehat.

Keberhasilan dalam beternak ayam petelur juga didukung dengan adanya alat ternak ayam yang sesuai dengan kebutuhan ayam, seperti tempat pakan, tempat minum, dan peralatan lain pendukung kandang. Anda bisa mendapatkan kebutuhan alat ternak ayam hanya dengan mengunjungi www.alatternakayam.com. UD Inti Mustika sebagai distributor peralatan ternak ayam juga memberikan kemudahan berbelanja kebutuhan alat ternak dengan cukup mengunjungi lapak online di www.bukalapak.com/intimustika dan www.tokopedia.com/alatternakayam.