Cek Pilihan Model Kandang untuk Ayam Petelur

Cek Pilihan Model Kandang untuk Ayam Petelur

Ketahui Syarat Membuat Kandang Ayam Petelur yang Baik

Tingkat stress pada ayam petelur memiliki peranan yang cukup penting untuk produktivitas ayam dalam menghasilkan telur. Ayam petelur dengan tingkat stress yang rendah memiliki produktivitas telur yang lebih tinggi. Kondisi area kandang menjadi faktor penting yang memengaruhi tingkat stress pada ayam petelur. Kondisi kandang yang bersih dengan fasilitas memadai dapat meningkatkan kenyamanan bagi ayam, sehingga berpengaruh terhadap produktivitas ayam dalam menghasilkan telur. Hal ini menjadikan para peternak ayam harus bisa memilih model kandang yang tepat untuk ayam petelur. Ada beberapa syarat yang harus terpenuhi saat akan membuat kandang, yaitu:

  1. Lokasi harus jauh dari pemukiman warga untuk meminimalisir terjadinya gangguan saat ayam bereproduksi. Lokasi kandang yang jauh dari pemukiman juga dapat mengurangi risiko bau yang dihasilkan dari dalam kandang, sehingga tidak merugikan orang lain.
  2. Lokasi harus strategis untuk memudahkan peternak dalam melakukan pemeliharaan ayam petelur. Misalnya, lokasi kandang dekat dengan lokasi pemasok pakan.
  3. Arah dan letak kandang dibuat membujur dari timur ke barat untuk menciptakan kondisi lingkungan yang nyaman. Hal ini karena sirkulasi udara dan masuknya cahaya matahari akan semakin baik.

Kenali Jenis-jenis Model Kandang Ayam Petelur

Berdasarkan konstruksinya, terdapat dua jenis model kandang yang digunakan untuk ayam petelur, yaitu;

  1. Kandang Postal

Model kandang postal memiliki konstruksi kandang yang luas dan selalu menggunakan litter sebagai penutup bahan alas kandang. Sistem pemeliharaan dengan kandang postal mengharuskan seluruh ternak ayam petelur untuk berada dalam satu kandang luas tanpa sekat. Kondisi ini dapat meminimalisir terjadinya kaki lecet pada ayam. Model kandang ini juga memerlukan biaya yang tidak terlalu tinggi. Namun, telur ayam akan lebih sulit untuk dikumpulkan karena kondisi kandang yang tidak bersekat memungkinkan telur untuk menggelinding ke segala arah. Telur ayam juga bisa sulit ditemukan karena tertutupi litter yang ada pada kandang.

  1. Kandang Baterai

Model kandang baterai memiliki konstruksi yang berbentuk kotak atau sangkar dengan material utamanya adalah bambu, kayu, ataupun kawat. Sistem pemeliharaan dengan kandang baterai adalah menempatkan masing-masing ayam pada satu kotak atau sangkar. Kerangka kandang model baterai tiap kotaknya dibuat dengan ukuran 40 cm × 30 cm dengan tinggi 60 cm atau bisa menyesuaikan dengan tinggi ayam. Secara keseluruhan, ukuran kandang baterai bisa lebih luas sehingga bisa menampung ayam secara lebih banyak. Kandang model baterai adalah jenis kandang yang sangat cocok digunakan untuk ternak ayam petelur. Hal ini karena model kandang baterai memiliki konstruksi yang lebih memudahkan peternak untuk mengumpulkan telur ayam sesuai dengan kelompok ayam pada kotak atau sangkar. Kandang baterai juga memiliki sistem sirkulasi udara yang sangat baik.

Kondisi kandang yang baik juga harus didukung dengan fasilitas kandang yang memadai agar ayam bisa merasa nyaman. Pemilihan tempat makan dan tempat minum harus bisa disesuaikan dengan pilihan jenis kandang yang akan digunakan. Hal lain yang harus diperhatikan adalah sirkulasi udara di kandang. Sirkulasi udara yang baik dapat meminimalisir terjadinya ayam stress.

UD Inti Mustika adalah distributor peralatan ternak ayam terlengkap yang dapat membantu Anda untuk memenuhi kebutuhan alat ternak. Anda bisa dengan mudah mendapatkan berbagai alat untuk mendukung produktivitas ternak ayam di www.alatternakayam.com. Anda juga bisa berkonsultasi mengenai berbagai masalah peternakan. Untuk daftar alat ternak secara lengkap, kunjungi www.bukalapak.com/intimustika dan www.tokopedia.com/alatternakayam.