Ayam Mudah Sakit? Cari Tahu Solusinya di Sini!

Ayam Mudah Sakit? Cari Tahu Solusinya di Sini!

Bahaya Ayam Mudah Sakit

Ayam menjadi salah satu hewan ternak yang paling diminati orang untuk dikonsumsi. Apapun yang dikonsumsi oleh manusia haruslah yang memiliki pengaruh baik untuk tubuh. Begitu pula dengan daging-dagingan yang dikonsumsi juga harus berasal dari hewan-hewan yang sehat. Kandung nutrisi pada daging ayam akan bisa dirasakan oleh pengonsumsi jika kondisi ayam benar-benar sehat saat ayam disembelih. Mengonsumsi ayam yang ternyata sednag terserang penyakit dapat membuat pengonsumsi juga terserang penyakit yang sama. Hal ini karena penyakit mudah menular melalui makanan yang dikonsumsi oleh seseorang.

Ayam yang mudah sakit pasti menjadi hal utama yang paling dihindari oleh para peternak ayam. Ayam dengan kondisi daya tubuh rendah akan lebih mudah terserang penyakit. Jika penanganan pada ayam sakit terjadi secara lambat dan tidak tepat, maka akan meningkatkan potensi untuk ayam sehat tertular penyakit dari ayam sakit. Akibatnya, angka ayam yang sakit akan semakin tinggi yang bisa berujung pada tingginya tingkat kematian ayam. Hal ini jelas memengaruhi hasil produksi para peternak yang bisa menurun drastis.

Solusi Tepat Agar Ayam Sehat

Sistem pemeliharaan ayam yang baik mampu membuat ayam menjadi tidak mudah terserang penyakit. Beberapa tips pemeliharaan berikut bisa Anda terapkan agar bisa menghasilkan ayam yang sehat, di antaranya:

  1. Batasi kontak antara ayam dan orang yang datang ke kandang. Selain untuk mengurangi risiko tertularnya penyakit, hal ini juga bertujuan untuk mengurangi tingkat stress pada ayam.
  2. Buat sistem sanitasi dan ventilasi yang baik pada kandang. Sistem sanitasi yang baik bisa dilakukan melalui pembuatan parit atau tempat pembuangan air agar kandang selalu dalam kondisi kering dan terhindar dari genangan air. Ventilasi yang baik berkaitan dengan sistem pertukaran udara yang ada di dalam dan luar kandang sehingga udara sehat yang dibutuhkan ayam bisa terpenuhi dengan baik.
  3. Lakukan program vaksinasi secara teratur. Istilah mencegah lebih baik daripada mengobati juga berlaku pada pemeliharaan ayam. Vaksinasi teratur bertujuan agar ayam memiliki daya tahan tubuh yang kuat, sehingga tidak mudah terserang penyakit. Vaksinasi teratur bisa dilakukan dengan penjadwalan 1-2 kali dalam seminggu.

Sistem pemeliharaan yang baik juga dapat terwujud dari pemilihan sistem kandang yang tepat. Kandang dengan sistem closed house selalu menjadi referensi utama sistem kandang bagi para peternak. Hal ini karena kandang dengan sistem closed house memiliki beberapa keunggulan yang tidak bisa didapatkan jika menggunakan kandang dengan sistem yang lain. Beberapa keunggulan tersebut di antaranya:

  1. Kondisi lingkungan pada kandang closed house lebih stabil bagi ayam, sehingga bisa menjaga stabilitas tingkat stress pada ayam.
  2. Penggunaan atap galvalum yang tidak menyimpan panas, sehingga suhu di dalam kandang bisa lebih stabil.
  3. Pada sistem kandang closed house juga telah menggunakan berbagai teknologi modern, sehingga lebih memudahkan untuk mengelola perawatan ayam dan kandang.
  4. Pemasangan lantai wiremesh dan besi siku sebagai rangka lantai kandang. Material tersebut membuat kandang lebih tahan goncangan dan aman untuk ayam.

UD Inti Mustika menjadi solusi tepat bagi para peternak ayam. Anda bisa memperoleh berbagai kebutuhan beternak mulai dari pakan, material kandang, hingga peralatan beternak dengan harga yang terjangkau. Anda juga bisa berkonsultasi mengenai permasalahan beternak. Kemudahan pemesanan juga bisa dilakukan secara online melalui www.alatternakayam.com.