Asupan Vitamin yang Wajib Ada Pada Pakan Ayam

Asupan Vitamin yang Wajib Ada Pada Pakan Ayam

Pentingnya Nutrisi Lengkap Pada Pakan Ayam

Peternak yang berhasil dapat diukur dari seberapa mampu ia menghasilkan unggas yang unggul secara kualitas dan kuantitas. Salah satu tolok ukurnya adalah seberapa berhasil seornag peternak menghasilkan unggas yang benar-benar sehat. Asupan gizi pada pakan ternak menjadi hal yang paling diperhatikan oleh para peternak ayam. Para peternak juga turut menambahkan beberapa pakan alternatif dari biji-bijian, tepung, dan lainnya untuk bisa memenuhi kebutuhan gizi hewan ternak.

Berbagai penyakit akan mudah menyerang jika kondisi tubuh ayam tidak terpenuhi nutrisinya secara lengkap. Berikut beberapa penyakit yang timbul akibat nutrisi ayam yang tidak terpenuhi dengan baik:

  1. Kekurangan vitamin D, kalsium dan fosfor dapat menyebabkan pertumbuhan ayam yang terhambat sebagai akibat dari nafsu makan yang berkurang. Selain itu, tulang akan menjadi mudah rapuh dan kejang otot.
  2. Kekurangan vitamin B1 bisa menyebabkan kelumpuhan pada ayam dan gangguan pencernaan.
  3. Kekurangan vitamin B2 paling mudah terdeteksi dari jari ayam yang saling menempel ataupun melengkung.
  4. Kekurangan vitamin B12 menimbulkan kekurangan darah pada ayam sehingga lebih sering terlihat letih dan lesu.
  5. Kekurangan vitamin B5 menyebabkan bulu ayam menjadi kasar, muncul kutil dan kudis pada kaki dan jari.
  6. Kekurangan vitamin E dapat terlihat dari jari kaki ayam yang bengkak, jika dibiarkan terus-menerus dapat menyebabkan ayam gemetar, bahkan bisa menjadi ayam gila.
  7. Kekurangan protein mengakibatkan pertumbuhan tubuh, proses reproduksi, dan pembentukan bulu menjadi kurang sempurna.
  8. Kekurangan karbohidrat bisa membuat kondisi ayam menjadi tidak bertenaga.
  9. Kekurangan lemak pada ayam juga bisa menurunkan kualitas daging ayam.

Tidak semua pakan ayam bisa mengandung nutrisi secara lengkap. Sehingga, diperlukan pakan tambahan agar kebutuhan nutrisi bisa terpenuhi dengan baik. Nutrisi yang tidak bisa terpenuhi pada pakan ayam dapat dipenuhi melalui penambahan asupan vitamin. Konsumsi vitamin pada ayam juga berfungsi untuk membantu proses metabolisme pada tubuh, sebagai penambah daya tahan tubuh, mendukung pertumbuhan sel, dan memperbaiki fungsi alat tubuh.

Vitamin tidak dapat dibentuk sendiri oleh tubuh sehingga asupan vitamin hanya dapat diperoleh dari pakan yang dikonsumsi ayam. Ada beberapa jenis vitamin yang dapat dijadikan pilihan untuk asupan vitamin bagi ayam, di antaranya adalah:

  1. Megabooster yang terdiri dari kombinasi mineral, vitamin, dan ATP (Adenosin Tripospat) yang dapat menjaga stabilitas stamina ayam dalam beraktivitas.
  2. Vitabhim merupakan multivitamin dan mineral yang cocok untuk mengatasi diare dan infeksi pencernaan pada ayam, sekaligus bisa meningkatkan imunitas ayam.
  3. Megapremix yang terdiri dari kombinasi seimbang antara vitamin, mineral dan asam amino yang dapat memenuhi kebutuhan metabolisme, meningkatkan reproduksi, status imun, daya cerna dan fertilitas.

Pemberian vitamin walaupun bisa dilakukan secara pribadi juga lebih baik apabila sesuai dengan resep dokter hewan. Hal ini bertujuan agar konsumsi asupan vitamin pada tubuh ayam bisa seimbang. Hal lain yang perlu diperhatikan dalam pemberian vitamin adalah alat makan ternak yang digunakan. Pastikan alat makan sesuai dengan desain kandang ayam Anda agar ayam bisa memakan pakannya dengan baik. Perhatikan pula kebersihan alat pakan yang Anda gunakan. Anda bisa lebih mudah mendapatkan berbagai kebutuhan peralatan ternak secara lengkap dengan harga yang terjangkau di UD Inti Mustika. Untuk informasi produk secara lebih lengkap bisa Andan kunjungi di www.alatternakayam.com.