9 Tips Pencegahan Penyebaran Penyakit Pada Ayam

9 Tips Pencegahan Penyebaran Penyakit Pada Ayam

Ketahui Tips Pencegahan Penyebaran Penyakit Pada Ayam

Para penjual alat ternak ayam kini semakin marak, hal ini dikarenakan semakin banyaknya pebisnis ternak ayam. Bagaimana tidak, beternak ayam saat ini dinilai sebagai bisnis yang menguntungkan. Waktu yang diperlukan untuk beternak juga tidak terlalu lama. Rata-rata waktu yang dibutuhkan antara 3-4 bulan saja. Selanjutnya bisa dilakukan pemanenan. Namun, ternak ayam juga rawan akan penyakit. Untuk itu dibutuhkan tips pencegahan penyebaran penyakit pada ayam agar mendapatkan ayam berkualitas saat panen.

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat dicoba agar penyakit pada ayam tidak mudah menyebar:

  1. Lokasi Kandang Ayam

Pemilihan lokasi untuk kandang ayam ternyata sangat berpengaruh pada kesehatan ayam. Lokasi yang kering, tidak lembab akan menjadi tempat yang aman untuk lokasi kandang ayam. Tempat yang lembab akan berpotensi besar menimbulkan banyak virus dan bakteri. Lokasi yang jauh dari pemukiman juga dijadikan pertimbangan agar penyakit yang ada pada ayam tidak menular kepada manusia.

  1. Tingkat Kebersihan Lokasi Serta Kandang

Selanjutnya yang bisa dilakukan untuk tips pencegah penyebaran penyakit pada ayam adalah dengan memantau tingkat kebersihan kandang juga lokasi sekitarnya. Tempat yang selalu bersih akan membuat bakteri atau virus sulit untuk berkembang. Dengan demikian ayam akan dapat tumbuh dengan sehat tanpa terlalu sering terkena penyakit.

  1. Durasi Pembersihan Kandang

Selain memantau tingkat kebersihan kandang, durasi pembersihan kandang juga wajib diperhatikan utamanya alat ternak ayam. Durasi yang ideal untuk membersihkan kandang adalah seminggu 3 kali. Dengan sering melakukan pembersihan kandang maka kesehatan ayam akan terjaga.

  1. Kualitas Makanan dan Air yang digunakan

Bukan hanya lokasi dan kondisi kandang yang harus diperhatikan. Kualitas makanan dan air yang diberikan juga ikut mempengaruhi kondisi ayam. Menjaga kualitas keduanya akan meminimkan penularan penyakit pada ayam. Kualitas makanan juga harus diimbangi dengan kebersihan alat ternak ayamnya

  1. Melakukan Vaksinasi

Menjaga kebersihan kandang ternyata tidak cukup. Melakukan vaksinasi pun perlu dilakukan untuk menjaga kondisi ayam tetap sehat hingga masa panen tiba. Vaksinasi yang diberikan beragam, tergantung dari umur dan kondisi fisik ayam tersebut.

  1. Pemberian Vitamin

Tidak cukup hanya memberikan vaksinasi saja,pemberian vitamin pada makanan ayam sangat penting. Vitamin yang tepat akan menunjang pertumbuhan ayam sehingga cepat besar dan sehat.

  1. Memisahkan Ayam Sehat dan Ayam dengan Tanda Sakit

Salah satu pencegahan penting yang harus dilakukan adalah dengan memisahkan antara ayam yang sehat, yang mempunyai tanda-tanda sakit dan yang sakit. Pemisahan tersebut sangat penting sehingga prosentase tertularnya penyakit semakin tipis.

  1. Bersihkan Peralatan Ternak Ayam Secara Berkala

Pemantauan kebersihan tidak hanya meliputi kandang semata. Kebersihan peralatan ternak ayam seperti tempat makan ayam, tempat minum ayam, ego tray juga tidak luput dari perhatian. Karena selalu dipakai pastikan bahwa peralatan ternak ayam selalu dibersihkan setiap hari. Kebersihan yang terjaga akan turut mempengaruhi pertumbuhan dan kesehatan ayam.

  1. Bersihkan Kotoran Ayam

Mempunyai peternakan ayam apalagi dalam jumlah besar, kotoran ayam bisa jadi problem yang terkadang mengganggu. Selain baunya, kotoran ayam jika tidak dibersihkan akan mudah menimbulkan penyakit. Oleh karena itu bersihkan kotoran tersebut secara teratur, minimal seminggu sekali. Atau juga bisa memanfaatkan kotoran tersebut sebagai pupuk untuk menyuburkan tanah.

Beternak ayam banyak sekali yang dibutuhkan tidak hanya niat, usaha, pengetahuan dan modal. Berbagai alat ternak ayam juga sangat dibutuhkan, selain pakan dan beberapa jenis vitamin. Untuk mendapatkannya tidak sulit, banyak distributor peralatan ayam yang tersedia. Anda bisa mendapatkannya secara lengkap di UD Inti Mustika yang menyediakan peralatan dan kebutuhan lainnya.