6 Jenis Potongan Ayam dan Penjelasannya

6 Jenis Potongan Ayam dan Penjelasannya

Alatternakayam – Setelah dibahas tentang bagian karkas ayam, yang harus diketahui oleh pebisnis daging karkas selanjutnya adalah jenis potongan ayam dan juga penjelasannya. Potongan ayam ini memiliki beberapa jenis dan wajib diketahui karena jika jenis potongannya salah akan menyebabkan konsumen kecewa. Yang harus diperhatikan adalah pebisnis karkas ayam harus tahu kapan harus memotong karkas ayam berdasarkan bagiannya dan kapan ayam dipotong sesuai dengan jenis potongannya.

Untuk pemotongan berdasarkan bagian karkasnya pebisnis hanya perlu memotong sesuai dengan bagian dari permintaan konsumen tersebut, sedangkan jika konsumen membutuhkan berdasarkan jenis potongannya maka bisa memotong sesuai dengan jumlah dari jenis potongan yang diinginkannya. Supaya tidak salah, simak jenis potongan ayam dan penjelasannya yang penting untuk diketahui oleh pebisnis:

Ayam Utuh

Meski tidak dipotong namun ayam karkas utuh termasuk dalam jenis potongan karkas. Hal itu dikarenakan banyak masyarakat yang membutuhkan ayam ini untuk acara-acara tertentu seperti hajatan atau ater-ater pernikahan. Jika ada konsumen yang meminta ayam utuh yang bisa dilakukan pebisnis adalah  berapa berat karkas ayam utuh yang dibutuhkannya. Semakin berat bobot ayam tentu harganya semakin mahal.

Potongan Setengah

Selain ayam utuh, ada pula potongan ayam setengah. Potongan ayam setengah ini akan membagi karkas ayam utuh menjadi dua bagian sama besar. Pebisnis harus memotong ayam karkas tepat di bagian tengah punggung supaya nanti dua bagian yang dipotong ini sama besar. Sama dengan ayam utuh, potongan setengah ini digunakan untuk hajatan atau ater-ater pernikahan. Perbedaannya dengan ayam utuh adalah olahan potongan setengah ini dicampurkan dengan menu ater-ater yang lainnya sehingga tidak hanya ayam saja. Sedangkan ayam utuh tidak akan dicampurkan dengan menu yang lainnya.

Potongan Seperempat

Potongan selanjutnya adalah potongan seperempat. Jenis potongan ini jauh lebih kecil dibandingkan dengan yang potongan setengah. Jenis potongan seperempat ini akan membagi potongan karkas ayam setengah menjadi bagian yang lebih kecil. Supaya bisa menghasilkan potongan yang pas dibutuhkan teknik pemotongan karkas yang tepat.

Potongan 8 Bagian

Selain ada potongan seperempat, ada juga potongan delapan. Jenis potongan ini akan membagi daging karkas seperempat menjadi 8 bagian. Dalam pemotongan ini karkas ayam akan dibagi menjadi 8 bagian sama besar sehingga konsumen akan mendapatkan bagian dada, sayap, paha, dan juga punggung.

Potongan Sepuluh

Jenis potongan karkas ayam selanjutnya adalah potongan sepuluh.  Untuk potongan ini bagian kiri dan kanan ayam dipotong menjadi 10 potong sama besar.

Potongan Terkecil

Pebisnis juga harus mengetahui berapa jumlah untuk jenis potongan daging karkas terkecil. Hal tersebut bertujuan supaya ketika konsumen meminta ayam melebihi dari potongan terkecil pebisnis bisa menolaknya. Mengapa demikian?, hal itu dikarenakan karkas ayam akan mengalami penyusutan ketika dimasak, selain itu untuk menghindari tekstur daging yang hancur saat proses memasak. Setelah potongan 10 ada beberapa potongan selanjutnya yaitu potongan 12 dan seterusnya. Untuk konsumsi pribadi pemotongan kecil ini boleh-boleh saja sesuai dengan permintaan konsumen namun jika disajikan ke orang lain atau suguhan hajatan tidak diperkenankan.

Tips Memotong Ayam

Setelah mengetahui jenis potongan ayam dan penjelasannya, penting bagi pebisnis untuk mengetahui bagaimana cara memotong ayam dengan sempurna. Untuk bisa menghasilkan potongan yang sempurna pebisnis harus menggunakan pisau daging yang benar-benar tajam supaya tidak ada serat yang rusak dan daging tercecer, kemudian selalu jaga higienitas tempat  pemotongan dan selalu gunakan sarung tangan.  Selain itu dalam proses memotong bisa menggunakan bantuan berupa talenan atau papan kayu yang bersih supaya daging tidak bergeser ketika dipotong.

Demikianlah beberapa jenis potongan ayam dan penjelasannya, semoga informasi ini bermanfaat.

Sumber: ayamkita.com