kandang tipe open house

Alatternakayam–Kandang tipe Open House adalah salah satu tipe kandang yang masih banyak digunakan di Indonesia. Para peternak banyak memilih kandang tipe ini karena biaya pembangunan kandang yang relatif lebih murah dari pada tipe close house. Selain itu, perlengkapan yang diperlukan juga tidak memerlukan teknologi yang rumit sehingga dapat memotong biaya untuk TS (Technical Support) yang harus memonitor peralatan dalam kandang. Kandang biasanya terbuat dari kawat burung atau bambu sehingga angin dapat masuk dan ada sirkulasi udara di dalam kandang. Kandang tipe ini sangat dipengaruhi oleh lingkungan luar.

Karena kandang ini sangat dipengaruhi oleh lingkungan luar, maka akan sangat berpengaruh pada ternak yang dipelihara. Jika kondisi luar terlalu lembab, terlalu panas, atau terlalu dingin, maka pertumbuhan dan kesehatan ayam pun akan terpengaruhi dan berujung pada produktivitas yang tidak maksimal.

Untuk mengatasi masalah ini, para peternak dapat mengatur kondisi dalam kandang untuk meminimalkan dampak negatif dari kondisi di luar. Cara-cara tersebut seperti mengatur jarak antar kandang, lebar dan ketinggian kandang, serta ventilasi untuk mengatur sirkulasi udara.

Baca juga: Mengenal Lebih dalam Tentang Kandang Tipe Close House


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *