Alatternakayam – Beternak ayam broiler organik bisa dibilang gampang-gampang susah. Butuh trik khusus agar budidaya ini dapat berjalan lancar dan memberikan keuntungan secara maksimal. Salah satunya adalah tips membuat kandang ayam broiler organik yang patut Anda simak.

Sumber Gambar: pertanianku.com

Budidaya ayam broiler organik hampir sama dengan beternak ayam broiler pada umumnya. Yang menjadi pembeda adalah tidak digunakannya zat kimia dalam jumlah banyak, termasuk antibiotik dan pakan buatan pabrik.

Kandang yang digunakan pun sebenarnya hampir sama. Berikut ini tips membuat kandang ayam untuk budidaya ayam broiler organik yang sebaiknya diperhitungkan. Sebab, biaya pembuatan kandang dan kualitasnya sangat bergantung pada beberapa hal berikut.

Meskipun sepele, kandang juga salah satu faktor yang memengaruhi pertumbuhan ayam. Salah satu tipe kandang yang banyak digunakan oleh peternak ayam broiler, termasuk ayam broiler organik adalah kandang terbuka atau open house.

Tips membuat kandang ayam yang pertama adalah memerhatikan bagian atapnya. Bentuk atap untuk jenis kandang ini adalah gunakan tipe atap monitor. Atap ini sangat baik bagi pertukaran udara di dalam kandang. Termasuk dalam pembuangan gas beracun dari dalam kandang supaya lebih masimal.

Bahan pembuat atap juga perlu diperhatikan. Beberapa bahan yang umum dilirik oleh peternak untuk atap kandang adalah asbes, genting, seng, ijuk atau rumbia, dan alumunium. Bahan atap kandang ayam ini disesuaikan dengan budget yang dimiliki.

Lainnya, tips membuat kandang ayam terutama tips memilih atap ini dapat Anda baca di Ayam Broiler Organik yang diterbitkan oleh Penerbit Penebar Swadaya. Buku ini mengupas secara tuntas tata cara budidaya ayam broiler organik yang cocok, baik bagi pemula maupun yang sudah lama menekuni bidang ini.

Tak hanya atap, tips membuat kandang yang kedua adalah mencari tahu kapasitas dinding yang dibutuhkan. Tinggi dinding ini minimal 1,8 meter bila Anda menggunakan tipe kandang postal atau panggung tunggal.

Lain halnya bila Anda ingin menggunakan kandang tingkat. Dinding bagian bawah minimal setinggi 2 meter dan bagian atasnya barulah 1,7 meter. Bahan pembuatan dinding ini dapat menggunakan berbagai jenis, mulai dari bambu, kayu, hingga cor.

Kandang sebaiknya memiliki lebar 8 meter dan tidak ada tanaman tinggi yang menghalangi sirkulasi udara. Tips terakhir adalah buatlah kandang membujur ke arah barat atau timur. Pemilihan ini dilakukan agar kandang mendapatkan sinar matahari yang cukup.

Baca Juga: Tips Mengatasi Hama Gurem pada Ayam

Sumber: pertanianku.com


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *