Alatternakayam – Penggunaan mesin tetas memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan penetasan telur secara alami. Alat tersebut bisa membantu peternak untuk mempercepat proses penetasan telur. Nah, kira-kira apa saja keuntungan menggunakan mesin tetas itu?

keuntungan menggunakan mesin tetas
Sumber Gambar: pertanianku.com

Keuntungan paling mencolok, yaitu ruang mesin tetas lebih luas sehingga dapat menampung lebih banyak telur daripada metode pengeraman induk secara alami. Selain itu, masih ada berbagai keuntungan penetasan telur menggunakan mesin tetas dibandingkan dengan penetasan alami.

Persentase keberhasilan telur yang menetas lebih besar dibanding pengeraman alami. Melalui proses pengeraman alami, telur yang menetas hanya 50—60 persen. Sementara, penetasan melalui bantuan mesin tetas dapat meningkat hingga 80 persen.

Penetasan telur dapat dilakukan terus-menerus tanpa dipengaruhi oleh kondisi cuaca. Pasalnya, mesin tetas biasanya ditempatkan di dalam ruangan dan seluruh komponen pendukungnya terkontrol.

Tingkat hidup anakan hasil penetasan melalui mesin tetas lebih tinggi daripada penetasan alami. Pasalnya, perubahan suhu dari dalam telur ke lingkungan tidak terlalu ekstrem. Berbeda halnya anakan hasil penetasan alami harus lebih menyesuaikan suhu setelah menetas.

Kontrol terhadap kualitas telur lebih mudah dilakukan. Selain itu, risiko kontaminasi bakteri dan penyakit relatif lebih kecil karena telur disimpan di dalam ruangan.

Penggunaan mesin tetas untuk membantu penetasan telur terbukti menguntungkan sehingga mampu meningkatkan pendapatan peternak. Karena itu, banyak para peternak beralih menggunakan mesin tetas sebagai alat untuk menetaskan telur.

Baca Juga:

Sumber: pertanianku.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *