Alatternakayam Bagi yang baru tertarik dengan bisnis beternak ayam petelur, Anda juga bisa segera memulainya sekarang. Ada beberapa hal yang harus kita perhatikan sebelum kita memulai bisnis ayam petelur ini.

Kandang Ayam Petelur

Langkah awal dari beternak ayam petelur tentu saja adalah mempersiapkan sebuah tempat yang akan dijadikan tempat ayam-ayam berada nantinya. Kita membutuhkan sebuah kandang untuk ayam, jadi yang paling awal adalah siapkan terlebih dahulu kandang ayam petelur.

Sebuah kandang ayam petelur akan dilengkapi dengan berbagai hal pendukung yang dipakai untuk memudahkan segala aktifitas pemilik saat mengurusi dan untuk memanen telur telur ayam tersebut nanti.

Apa saja peralatan atau kelengkapan kandang ayam petelur yang perlu disiapkan? Karena usaha Anda ini berorientasi bisnis maka yang pasti Anda ingin keuntungan yang banyak dan besar dari usaha bisnis ayam petelur ini bukan? Jadi mempersiapkan segala sesuatu yang akan digunakan adalah hal yang wajib di perhatikan.

Pembuatan kandang ayam yang bagus khusus untuk ayam petelur adalah memperhatikan agar memudahkan proses pengumpulan telur dan pembuangan kotoran. Dan jenis kandang yang paling cocok adalah kandang ayam dengan sistem panggung.

Untuk para peternak pemula dan dengan modal awal yang tidak besar maka pembuatan kandang ayam juga harus disesuaikan, cara tersebut contohnya adalah dengan membuat kandang ayam sendiri dengan menggunakan bahan bahan utama seperti bambu dan kayu. Bentuk kandang yang bisa dibuat kurang lebih seperti dibawah ini. Bisa hanya menggunakan satu tingkat saja atau beberapa tingkat. Kandang ayam jenis ini disebut Kandang Battery atau Kandang Batere.

Kandang Battery / Kandang Batere

Kandang ayam jenis Battery ini adalah jenis kandang ayam yang sangat populer, jenis modern dari kandang battery / kandang batere dibuat dengan berbahan kawat. Desain kandang battery / kandang batere yang dibuat dengan sekat sekat kecil yang nantinya sebagai tempat ayam ayam tersebut berada.

Pembuatan kandang ayam berbentuk panggung dimaksudkan untuk mempermudah saat pemanenan atau pengambilan telur , karena telurnya tidak akan tercecer kemana-mana. Kandang battery / kandang batere dibuat dengn lantai yang melandai dengan sedikit kemiringan kearah depan dan berujung pada bagian depan (luar) kandang. Ini membuat telur ayam akan menggelinding dan berkumpul di depan dan memudahkan pemilik untuk memungutnya.

Berbeda dengan ayam yang dibuatkan tempat terbuka dan bukan dalam kandang. Kemungkinan telurnya akan tersebar dan kadang juga tersembunyi. Dengan posisi lantai panggung miring beberapa derajat saja yang fungsinya mengalirkan telur telur yang telah keluar dan akan menggelinding pelan ke arah bawah dan keluar ke bagian penampung telur disebelah depan. Cara ternak ayam petelur sistem panggung ini saat ini sudah diterapkan secara modern lagi dengan diproduksinya kandang battery yang dibuat dari kawat, intinya sama tetapi cara ternak ayam cara ini jelas lebih butuh modal besar karena kandang kandang modern tersebut dijual dengan harga lumayan mahal dibanding cara ternak ayam biasa yang membangun kandang sendiri dari bambu.

Umumnya kandang panggung jenis battery / batere dibuat bertingkat maka posisi kandang yang diatas tidak boleh pas diatas kandang yang ada dibawahnya tetapi seperti sebuah tangga yang undakan berikutnya berada diujung undakan bawahnya. Ini dimaksudkan agar kotoran ayam tidak jatuh menimpa ayam ayam yang ada dibawahnya dan langsung jatuh kebawah yang biasanya sudah disiapkan dengan posisi tempat yang memudahkan untuk membersihkan kotoran kotoran ayam tersebut. Ayam ayam akan tetap bersih dan tentunya menjaga kesehatan ayam petelur dari penyakit karena kotoran mereka sendiri dan telur telurnya juga bersih. Peternak ayam petelur tidak terlalu direpotkan dengan melakukan pembersihan pada telur telur tersebut karena tidak terkena kotoran ayam.

Baca Juga: Cara mengatasi amoniak pada peternakan

Persiapan Bibit Ayam Petelur

belajar beternak ayam petelur

sumber gambar: http://www.agrowindo.com

bibit ayam petelur unggul, memilih bibit ayam petelur, jenis jenis ayam petelur unggul, mengenal ayam petelur unggul

Untuk yang sudah lama menjalankan usaha, mereka mengenal ada dua macam bibit ayam petelur yang dibudidayakan. Yang pertama ayam jenis gemuk dan berat atau disebut ayam Medium dan ayam jenis kedua adalah ayam petelur putih. Beberapa jenis ayam petelur bisa memenuhi produksi telur hingga 300 butir pertahunnya.

Ayam jenis Putih memiliki bobot yang ringan karena bentuk badannya lebih kurus atau ramping, sebagai jenis ayam petelur tentu saja ia mampu menghasilkan telur yang cukup banyak tetapi sayangnya ayam jenis ini sensitif dengan keributan. Ia mudah kaget dan stress sehingga produksinya telurnya kemudian akan menurun. Contoh ayam petelur putih adalah ayam Leghorn

Ayam jenis Medium lebih bandel, selain badannya yang gemuk berisi ia juga memproduksi telur dalam jumlah yang banyak.

Apa saja yang harus diperhatikan dalam memilih jenis ayam petelur ini? Jika ingin bisnis ayam petelur Anda maju maka memilih jenis ayamnya pun harus dilakukan dengan pintar. Tentu yang diinginkan adalah jenis ayam yang mampu memproduksi telur dengan tingkat yang tinggi. Ada beberapa jenis ayam yang mampu bertelur hingga 300an butir dalam satu tahun, ayam ayam jenis inilah yang bisa dipilih tetapi ada faktor faktor lain yang tidak kalah penting.

Berikut adalah beberapa point pentingnya:
 Pilihkan ayam petelur yang sehat dan tidak memiliki cacat fisik
 Jika memelihara dari kecil maka pilih yang pertumbuhan dan perkembangan normal
 Gunakan ayam petelur yang berasal dari bibit yang unggul artinya dari jenis jenis yang bagus dan produktif serta tahan penyakit

AyamWarnaTipeTelurRansum
Babcock B-300putihringan2701,82
Babcock B 380cokelatdwiguna260-2751,9
Dekalb Xl-Linkputihringan255-2801,8-2,0
Hisex browncokelatdwiguna2721,98
Hisex whiteputihringan2881,89
H & W nickputihringan2721,7-1,9
Hubbarb leghornputihringan2601,8-1,86
Ross whiteputihringan2751,9
Ross Browncokelatdwiguna2702,0
Shaver S 288putihringan2801,7-1,9
Shaver star cross 579cokelatdwiguna2652,0-2,08
Hubbarb golden cornetcokelatdwiguna2601,24-1,3

 

Sumber: http://wetoostudio.com